Hari Ini dalam Sejarah: Perang China-India 1962 dan Konflik Panjang Dua Negara

Kompas.com - 20/10/2020, 08:55 WIB
Serdadu China dan India (foto arsip). GETTY IMAGES via BBC IndonesiaSerdadu China dan India (foto arsip).

KOMPAS.com - Hari ini 58 tahun lalu, tepatnya pada 20 Oktober 1962, pecah perang antara China dengan India di perbatasan kedua negara. Perang itu berlangsung singkat dan dimenangkan oleh China.

Dilansir dari The Diplomat (21/8/2012), perang antara kedua negara itu dipicu oleh sengketa teritorial dan juga tensi yang memanas terkait isu Tibet.

China menuding India mencoba menentang kekuasaannya atas Tibet, sedangkan India menuduh China berupaya untuk menekan otonomi Tibet.

Kondisi menjadi pelik setelah keberadaan Dalai Lama, pemimpin Tibet, yang pada saat itu berlindung di Dharamsala, India.

China merasa keberadaan Dalai Lama di India sama dengan ancaman terhadap kekuasaan mereka atas Tibet. Sementara itu, India menganggap hal ini sebagai penolakan China untuk memberikan otonomi penuh kepada Tibet.

Baca juga: Militer India Tangkap Tentara China di Wilayah Sengketa

Selain faktor Tibet, konflik juga dipicu klaim kedua negara atas wilayah teritorial mereka.

China terus mengklaim negara bagian India, Arunachal Pradesh sebagai wilayahnya.

Pada saat yang sama India juga mengklaim wilayah Aksai Chin yang berada di bawah kendali China sebagai wilayah mereka.

Keunggulan China

Dilansir dari India Today (21/11/2018), dalam perang itu China menerjunkan 80.000 tentara, sedangkan India hanya mempersiapkan 10.000-20.000 prajurit.

Pada 20 Oktober 1962, Tentara Pembebasan Rakyat China menyerang India di Ladakh, dan di sepanjang Garis McMahon.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X