Jangan Sembarangan Berikan Foto Selfie dengan KTP, Apa Bahayanya?

Kompas.com - 20/10/2020, 07:30 WIB
Ilustrasi KTP elektronik. Tribunnews.comIlustrasi KTP elektronik.
|

KOMPAS.com – Foto selfie dengan KTP untuk verifikasi mungkin bukan hal baru lagi bagi kebanyakan orang.

Namun sebaiknya, masyarakat berhati-hati dan tidak sembarangan memberikan foto selfie KTP-nya maupun foto KTP yang dimiliki.

Lantas, apa bahayanya sembarangan mengunggah foto selfie KTP?

Pengamat teknologi, Ruby Alamsyah, menilai verifikasi data pribadi dengan selfie KTP tujuannya sebetulnya adalah baik, yakni untuk verifikasi data.

Namun, memang tak menutup kemungkinan cara demikian disalahgunakan oleh oknum atau pihak yang tak bertanggung jawab.

“Kalau sudah seperti itu kita akan rawan pencurian data pribadi atau identitas pribadi yang bisa disalahgunakan orang atau orang itu bisa memakai data pribadi atau menyamar sebagai kita. Bisa melakukan peminjaman atas nama kita, pembelian atas nama kita,” ujar Ruby saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/10/2020).

Baca juga: [HOAKS] Tawaran Pinjaman Berbunga Rendah via SMS

Penyalahgunaan pihak tak bertanggung jawab yang dimaksud misalnya melakukan pinjaman melalui aplikasi atau melakukan pembelian barang.

Dengan adanya selfie KTP tersebut, pelaku berpura-pura melakukan transaksi seolah pemilik KTP yang meminjam atau membeli, sehingga harus bertanggung jawab.

Selain itu, Ruby mengingatkan foto KTP yang ada pada selfie KTP juga bisa pula dipotong pihak tak bertanggung jawab untuk dimanfaatkan bagian KTP-nya saja untuk disalahgunakan, seperti untuk pembobolan akun rekening.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan semacam itu, ia menyarankan masyarakat tak memberikan foto selfie KTP-nya sembarangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X