Asal Mula dan Sejarah Korea Selatan Miliki Program Wajib Militer

Kompas.com - 17/10/2020, 12:45 WIB
Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, memberikan hormat saat mengikuti wajib militer Korea Selatan pada akhir April-awal Mei 2020. HANDOUT/Republic of Korea Marine CorpsPenyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, memberikan hormat saat mengikuti wajib militer Korea Selatan pada akhir April-awal Mei 2020.

KOMPAS.com - Trending topik Twitter Indonesia hari ini diramaikan dengan salah satu pembicaraan " D-100".

Topik bahasan ini bahkan menempati jajaran teratas tema obrolan pengguna Twitter, Sabtu (17/10/2020).

Ternyata obrolan mengarah pada masa dinas wajib militer yang tengah dijalani sejumlah artis K-Pop yang salah satunya akan berakhir dalam 100 hari lagi.

Korea Selatan memiliki program wajib militer bagi setiap warga laki-laki yang bertubuh sehat dan berusia antara 18 hingga 28 tahun.

Mereka diwajibkan melaksanakan wajib militer selama kurang lebih 2 tahun. 

Durasi wajib militer di antaranya Angkatan Darat (21 bulan), Angkatan Udara (24 bulan),  Angkatan Laut (23 bulan), polisi (21 bulan), atau sebagai pemadam kebakaran (23 bulan),

Baca juga: Son Heung-min Ungkap Rasa Aneh Saat Wajib Militer

Sejarah wajib militer di Korea

Dikutip dari laman administrasi anggota militer Korea SelatanMMA, wajib militer di sana sudah diberlakukan sejak zaman kuno hingga Periode Tiga Kerajaan.

Selanjutnya, pada masa tidak ada perang dan damai, masyarakat kembali melanjutkan hidup sebagai seorang petani. Mereka hanya akan dipanggil kembali oleh negara ketika kondisi darurat.

Pada masa Dinasti Goryeo, sejumlah musuh datang dari luar sering menginvasi wilayah kerajaan. 

Untuk mengatasi situasi tersebut, diberlakukan sistem ganda, yakni adanya tentara profesional reguler dan juga tentara cadangan. Setiap provinsi memiliki kebijakan ini.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X