[HOAKS] 2 Surat Seleksi CPNS Catut Kementerian PANRB

Kompas.com - 15/10/2020, 16:00 WIB
Surat hoaks seleksi CPNS mengatasnamakan Kementerian PANRB. FacebookSurat hoaks seleksi CPNS mengatasnamakan Kementerian PANRB.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar dua surat berisi informasi terkait seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) mengatasnamakan Kementerian PANRB.

Surat pertama berisi putusan penetapan peserta seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2019. Sementara, surat kedua memuat panggilan peserta CPNS untuk mengikuti SKB.

Kementerian PANRB menegaskan bahwa kedua surat itu tidak benar.

Kementerian PANRB lewat akun resminya di Facebook pada 8 Oktober 2020 mengumumkan bantahannya atas beredarnya surat terkait seleksi CPNS yang mengatasnamakan Kementerian PANRB. Kementerian menggunggah foto dua surat tersebut.

Surat pertama memuat penetapan peserta SKB pada formasi CPNS tahun 2019 yang ditandatangani Sekretaris Kementerian PANRB, Dwi Wahyu Atmaji, pada 4 Agustus 2020.

"Terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2020 mengangkat menjadi Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Tahun Pelaksanaan 2020," tulis surat tersebut.

Sementara, surat kedua berisi surat panggilan kepada peserta untuk mengikuti tes SKB pada 20 Oktober 2020.

Surat dengan kop Kementerian PANRB tersebut ditandatangani Analis Kebijakan Madya Koordinator Pengadaan Jabatan SDM Aparatur selaku ketua panitia.

Menanggapi beredarnya surat tersebut, Kementerian PANRB menegaskan bahwa surat itu tidak benar.

"Kami tegaskan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar/hoaks. Kementerian PANRB tidak pernah mengeluarkan kebijakan/keputusan tersebut," tulis Kementerian PANRB dalam akun resminya di Facebook.

Selain di Facebook, klarifikasi Kementerian PANRB dimuat di akun Twitter @kempanrb dan akun Instagram Kementerian PANRB.

Kementerian PANRB mengingatkan untuk selalu berhati-hati dan tidak mudah percaya jika ada informasi atau surat yang meragukan.

Kementerian PANRB juga membuka ruang bagi masyarakat untuk memastikan kebenaran informasi ke pihaknya.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X