Ilmuwan Selidiki Dugaan Mutasi Virus Corona di Cile

Kompas.com - 12/10/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi mutasi virus corona baru. Virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19. SHUTTERSTOCK/Polina TomtosovaIlustrasi mutasi virus corona baru. Virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19.

KOMPAS.com - Para ilmuwan di Cile tengah meneliti kemungkinan adanya mutasi virus corona SARS-CoV-2 di salah satu provinsi di negara mereka, Magallanes.

Dilansir dari Al Jazeera, Minggu (11/10/2020), kecurigaan tentang adanya mutasi virus mengemuka setelah otoritas setempat menilai tingginya kasus di Magallanes sebagai sesuatu yang tidak wajar.

Magallanes termasuk provinsi terpencil di Cile, dan total penduduknya hanya 1 persen dari total populasi di negara itu.

Namun, hampir 20 persen dari total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Cile, justru berasal dari Magallanes.

Pada awal pekan ini, jumlah orang yang dites positif di Magallanes sama dengan di ibu kota.

Padahal, Magallanes memiliki kepadatan populasi terendah di negara itu, 170.000 jiwa berbanding delapan juta jiwa di ibu kota Santiago.

Para ahli mengatakan, mungkin ada banyak alasan, termasuk cuaca.

Namun, mereka tidak dapat mengesampingkan bahwa penyebab utamanya adalah virus itu sendiri.

Baca juga: Update Virus Corona Dunia 3 Agustus: 18,2 Juta Orang Terinfeksi | Cile Laporkan Ribuan Kasus Baru

Sebelumnya, penelitian di luar Cile telah menemukan bahwa virus corona dapat berevolusi untuk beradaptasi dengan manusia.

Penelitian sebelumnya yang menganalisis struktur virus, setelah terjadinya dua gelombang infeksi di Houston, Amerika Serikat, menemukan keberadaan jenis virus yang lebih menular.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X