Hari Ini dalam Sejarah: Kelahiran Mahatma Gandhi, Pemimpin Kemerdekaan India

Kompas.com - 02/10/2020, 09:30 WIB
Patung Mahatma Gandhi di Parliament Square, London, Inggris. Wicak Hidayat/KompasTeknoPatung Mahatma Gandhi di Parliament Square, London, Inggris.

KOMPAS.com - 2 Oktober 1869, Mahatma Gandhi, tokoh spiritual dan pemimpin gerakan kemerdekaan India lahir ke dunia. Gandhi dikenal karena kecintaannya pada perdamaian.

Dilansir dari Britannica, 28 September 2020, dengan menggunakan cara non-kekerasan atau satyagraha, Gandhi memimpin berbagai pergerakan masyarakat di India.

Dia menentang pemberlakuan pajak garam oleh Inggris, penguasa India saat itu.

Gandhi juga memelopori aksi protes massal yang menuntut Inggris untuk keluar dari India. Karena itu, dia dianggap sebagai salah satu founding father atau bapak negara India.

Gelar Mahatma yang ia sandang, diberikan oleh jutaan orang India yang mengaguminya.

Di mata jutaan orang itu, Gandhi adalah Mahatma, artinya "Jiwa yang Agung".  

Baca juga: Tak Disangka, Kacamata Mahatma Gandhi Laku Terjual Rp 5 Miliar

Kehidupan awal

Gandhi lahir dengan nama lengkap Mohandas Karamchand Gandhi di negara bagian Porbandar, India.

Gandhi berasal dari keluarga pejabat. Ayahnya, Karamchand Uttamchand Gandhi, adalah seorang diwan atau menteri utama di negara bagian Porbandar.

Ibunya, Putlibai, adalah istri keempat ayahnya. Sang ibu, memperkenalkan Gandhi dengan ajaran Jainisme, yang mengajarkan pemeluknya untuk tidak melakukan kekerasan dalam bentuk apa pun.

Pada usia 13 tahun, Gandhi dijodohkan dengan Kasturba Makanji yang merupakan putri seorang pedagang, dan kemudian menikah. Kala itu usia Kasturba baru menginjak 14 tahun.

Dia dikaruniai lima orang anak, namun salah satunya meninggal dunia. Sang istri juga menjadi aktivis sosial sepertinya.

Pada 1888, saat berusia 18 tahun, Gandhi mendapat kesempatan untuk belajar ilmu hukum ke Inggris.

Dua tahun kemudian, Gandhi kembali ke India, tetapi tak bisa mendapatkan pekerjaan tetap.

Baca juga: Politisi India Sebut Pembunuh Mahatma Gandhi sebagai Pahlawan

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X