Perhatikan, Saldo Pelatihan Kartu Prakerja Bisa Hangus...

Kompas.com - 26/09/2020, 17:00 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja di Jakarta, (20/4/2020). ANTARA FOTOWarga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja di Jakarta, (20/4/2020).

KOMPAS.com - Setelah penerima Kartu Prakerja gelombang 9 diumumkan pada Jumat (25/9/2020) malam, siang ini pendaftaran kembali dibuka untuk gelombang 10.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos gelombang 9 mendapatkan pemberitahuan lewat sms maupun dashboard masing-masing di laman prakerja.go.id.

Dikutip Kompas.com, Senin (21/9/2020), Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menyampaikan total peserta Prakerja dari gelombang 1 hingga 9 ada sekitar 5,4 juta orang.

Selain mendapatkan insentif Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dan Rp 150.000 untuk survei kebekerjaan, peserta Kartu Prakerja juga memperoleh Rp 1 juta untuk biaya pelatihan.

Namun, Rp 1 juta tersebut tidak dalam bentuk uang, melainkan saldo untuk membeli pelatihan.

Saldo itu bisa digunakan untuk memilih pelatihan-pelatihan yang disediakan platform digital mitra Prakerja.

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10 Sudah Dibuka Siang Ini!

Adapun, platform digital yang dimaksud adalah:

  • Tokopedia
  • Pintaria
  • Bukalapak
  • Pijar Mahir
  • MauBelajarApa
  • Sekolah.mu
  • Kemnaker

Akan tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan para peserta Kartu Prakerja

Sebab, Direktur Operasi Kartu Prakerja, Hengki Sihombing, mengatakan saldo pelatihan yang diterima peserta ada batas waktu penggunaannya.

"Saldo prakerja dapat digunakan sampai 15 Desember," ungkap Hengki melalui siaran instagram live akun resmi Prakerja, Jumat (25/9/2020).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X