5 Sajian Mi Khas Daerah di Indonesia, Apa Saja?

Kompas.com - 26/09/2020, 16:33 WIB
Ilustrasi mi Aceh. SHUTTERSTOCK/RIZA AZHARIIlustrasi mi Aceh.

 

KOMPAS.com - Mi merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digemari oleh maayarakat Indonesia.

Tidak hanya digemari, di Tanah Air, mi juga diolah dengan berbagai macam resep dan cara sehingga muncullah beragam olahan mi khas dari daerah-daerah di sepenjuru negeri.

Misalnya adalah 5 resep mi khas berikut ini:

1. Mi Aceh

Yang pertama adalah olahan mi khas masyarakat Aceh yang kini sudah banyak dijual di banyak kota-kota di Indonesia.

Hal pertama yang terlintas ketika menikmati mi asal Tanah Rencong ini adalah rasa bumbunya yang pekat khas dan kaya akan rempah.

Mi Aceh berbahan dasar mi kuning dengan ukuran cukup tebal yang biasanya ditemani dengan irisan daging, misalnya daging kambing, sapi, atau daging makanan laut seperti kepiting, udang, dan cumi.

Selain itu, Mi Aceh biasa ditaburi bawang goreng, irisan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis untuk menambah kesegaran.

Baca juga: Ramai soal Mi Sohun Bercampur Kaporit di Banyuasin, Apa Bahayanya?

2. Bakmi Bangka

Bakmi Bangka Aloiy 777 dengan makanan pendamping bakso goreng ayamKompas.com / Gabriella Wijaya Bakmi Bangka Aloiy 777 dengan makanan pendamping bakso goreng ayam

Salah satu yang khas dari Bakmi Bangka adalah cita rasa ikan yang terkandung di dalamnya.

Tidak heran, sensasi rasa ikan ini didapatkan dari isian pendamping yang melengkapi sajian Bakmi Bangka, misalnya tahu kok dan fukian.

Tahu kok adalah tahu khas Bangka yang diisi dengan adonan ikan tenggiri.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X