Mempelajari Masa Lalu demi Masa Depan

Kompas.com - 23/09/2020, 09:06 WIB
Angkatan Udara Kerajaan Jepang membombardir Pearl Harbour, yang memicu perang di Pasifik pada Desember 1941. Banyak siswa Jepang dibuat tidak tahu apa-apa tentang kejahatan perang Jepang dalam Perang Dunia II. KARTONO RYADIAngkatan Udara Kerajaan Jepang membombardir Pearl Harbour, yang memicu perang di Pasifik pada Desember 1941. Banyak siswa Jepang dibuat tidak tahu apa-apa tentang kejahatan perang Jepang dalam Perang Dunia II.


MASA masa pagebluk Corona saya memperoleh kesempatan memperluas wawasan pembelajaran saya antara lain dalam hal sejarah Perang Dunia II.

Sebelum Corona setahu saya, meski berhasil menghancurkan Pearl Harbour namun militer kekaisaran Jepang tidak pernah berhasil menduduki wilayah Amerika Serikat. Ternyata pengetahuan saya keliru.

Strategis

Enam bulan setelah membumihangus Pearl Harbour yang menyeret Amerika Serikat ke dalam Perang Dunia II, secara diam-diam Jepang berhasil menduduki pulau Kiska dan Attu yang terletak di kepulauan Aleutian yang resmi merupakan wilayah Amerika Serikat setelah pada tahun 1867 membeli Alaska dari Rusia.

Meski tandus dan hanya dihuni sedikit manusia khususnya kaum pribumi kepulauan Aleutian dianggap memiliki nilai strategis militer sangat besar baik bagi Jepang mau pun Amerika Serikat.

Bahkan beberapa sejarawan menilai pendudukan kepulauan Aleutian sengaja dilakukan nyaris bersamaan dengan serbuan Jepang ke Midway baik sebagai pemecahan konsentrasi Amerika Serikat juga sebagai pembuka pintu gerbang merangsek masuk wilayah Amerika Serikat lewat selat Bering menuju daratan Alaska.

Namun jelas bahwa Amerika Serikat keliru dalam mengabaikan nilai strategis kepulauan Aleutian sehingga secara diam-diam berhasil diduduki Jepang.

Kelirumologi

Belajar dari kelirumologi Pearl Harbour maka Amerika Serikat tidak berani meremehkan pendudukan Jepang atas kepulauan Aleutian.

Pada 11 Januari 1943, angkatan darat, laut dan udara Amerika Serikat mendirikan pangkalan militer darurat di pulau Amchitka yang terletak sekitar 60 kilometer dari pulau Kiska.

Setelah pangkalan militer didirikan di atas tanah berlapis salju, Laksamana Thomas C. Kinkaid memblokade Attu dan Kiska demi memutus jalur pemasokan pangan dan amunisi bagi tentara pendudukan Jepang.

Kemudian melalui beberapa tahapan pertempuran sengit melawan tentara Jepang di bawah pimpinan kolonel Yasuyo Yamasaki akhirnya pada 24 Agustus 1944 jenderal Amerika Serikat resmi memaklumatkan bahwa pertempuran kepulauan Aleutian telah berhasil dimenangkan oleh Amerika Serikat dengan mengusir militer Jepang dari wilayah Amerika Serikat.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X