Belum Bisa Dilihat di Museum, Pesawat N250 Gatotkaca Akan Dirakit Ulang

Kompas.com - 22/08/2020, 17:55 WIB
Pesawat N250 KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANAPesawat N250

KOMPAS.com - Pesawat N250 Gatotkaca buatan Presiden Ketiga RI BJ Habibie sudah tiba di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta, pada Jumat (21/8/2020).

Meski begitu, pesawat BJ Habibie itu belum bisa disaksikan masyarakat umum.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Koleksi Muspusdirla Yogyakarta Letkol Sus Giyanto.

Dia menjelaskan saat ini museum Dirgantara, tempat pesawat N250 berada, masih tutup.

"Belum masih dalam perbaikan dan penataan. Bisa dlihatnya setelah museum buka, karena sekarang masih pandemi," ujar Giyanto kepada Kompas.com, Sabtu (22/8/2020).

Mengenai museum tersebut kapan akan dibuka, ia belum dapat memastikannya. Saat ini fasilitas tur virtual Museum Dirgantara juga tidak tersedia.

Baca juga: 5 Fakta N250 Gatotkaca, Pesawat Kebanggaan Indonesia yang Kini Dimuseumkan

Dirakit kembali

Pesawat N250 Gatotkaca dikirim dari PT Dirgantara Indonesia di Bandung ke Yogyakarta melintasi jalur darat. Sehingga, bagian-bagian pesawat dibongkar.

Dihubungi terpisah, Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Ambar Rejiyati menjelaskan pesawat N250 hari ini, Sabtu (22/8/2020), mulai dirakit kembali.

Perakitan pesawat yang diujicobaterbangkan pertama kali pada 1995 itu dilakukan Teknisi Sathar 15 Depohar 10 Koharmatau.

Ambar memperkirakan perakitan pesawat akan selesai pada Selasa (25/8/2020).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X