Jalur Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing Ditutup Mulai 24 Agustus, Ini Daftarnya

Kompas.com - 22/08/2020, 17:16 WIB
Seorang pendaki di Gunung Sumbing, 3.371 MDPL. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaSeorang pendaki di Gunung Sumbing, 3.371 MDPL.

KOMPAS.com - Pesan tentang penutupan jalur pendakian gunung-gunung di Wonosobo, Jawa Tengah, pada Sabtu (22/8/2020), beredar luas, salah satunya di Twitter.

Dalam pesan itu, disebutkan bahwa penutupan mulai dilaksanakan pada Senin, 24 Agustus 2020.

Di Wonosobo tercatat ada empat gunung, yakni Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung, Prau, Gunung Kembang, dan Gunung Bismo.

Kompas.com menghubungi pengelola jalur pendakian di Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing untuk memastikan hal tersebut.

Pengelola Gunung Sumbing, Lilik Setiyawan, membenarkan informasi penutupan pendakian gunung di Wonosobo.

"Iya benar," kata Lilik saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/8/2020).

Dia menjelaskan, pendakian Gunung Sumbing via Garung ditutup.

"Keputusan itu diambil sebagai langkah konkret untuk keamanan dan keselamatan para calon pendaki yang akan mendaki Gunung Sumbing via Garung," kata Lilik.

Baca juga: Ganjar Pranowo Sebut Kemungkinan Wonosobo Terapkan PSBB

Dihubungi terpisah, pengelola jalur pendakian di Gunung Sindoro Arifin mengatakan pendakian di Gunung Sindoro juga ditutup.

"Jalur pendakian di wilayah Kabupaten Wonosobo per tanggal 24 tutup semua, sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata Arifin kepada Kompas.com, Sabtu (22/8/2020).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X