Saat WHO Sebut Pandemi Virus Corona Bisa Berakhir dalam Dua Tahun...

Kompas.com - 22/08/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi menjaga kesehatan ibu dan anak di masa pandemi Covid-19. SHUTTERSTOCK/FamVeldIlustrasi menjaga kesehatan ibu dan anak di masa pandemi Covid-19.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus berharap pandemi virus corona akan berakhir dalam waktu kurang dari dua tahun.

Pada Jumat (21/8/2020) di Jenewa, Tedros mengatakan, flu Spanyol pada 1918 membutuhkan waktu dua tahun untuk diatasi.

Namun, kemajuan teknologi saat ini menurutnya dapat memungkinkan dunia mengatasi virus corona dalam waktu yang lebih singkat.

"Tentunya dengan lebih banyak konektivitas, virus memiliki peluang lebih besar untuk menyebar," kata Tedros seperti dilansir dari BBC, 22 Agustus 2020.

Baca juga: Saat WHO Peringatkan tentang Bahaya Nasionalisme Vaksin...

Tetapi di saat yang sama, lanjut dia, teknologi dan pengetahuan dimiliki untuk menghentikan virus.

Tedros menekankan pentingnya persatuan nasional dan solidaritas global menghadapi wabah ini.

Flu mematikan pada 1918 telah menewaskan setidaknya 50 juta orang. Sedangkan, sejauh ini virus corona telah menyebabkan hampir 800 ribu orang meninggal dunia dan menginfeksi 22,7 juta orang lainnya.

Baca juga: Vaksin Corona dari Oxford Dinilai Aman, Dijanjikan Siap pada September

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X