4 Hal yang Perlu Diketahui dari Layanan Rapid Test di Stasiun

Kompas.com - 01/08/2020, 10:07 WIB
Salah satu pengunjung kafe saat menjalani rapid test oleh personel operasi gabungan Pemerintah Kota Malang, Sabtu (4/7/2020) dini hari Dok Humas Pemkot MalangSalah satu pengunjung kafe saat menjalani rapid test oleh personel operasi gabungan Pemerintah Kota Malang, Sabtu (4/7/2020) dini hari

KOMPAS.com - Dalam rangka pencegahan penularan virus corona, PT KAI memberikan layanan rapid test yang tersebar di 12 stasiun.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengungkapkan, 12 stasiun itu antara lain Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang.

Joni menambahkan, layanan ini terlaksana berkat kerja sama BUMN antara KAI dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI).

Seperti diketahui, bagi para calon penumpang KA yang ingin berpergian jauh, melakukan rapid test dengan hasil negatif menjadi salah satu syarat agar dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

Lantas, apa saja hal yang perlu diketahui mengenai layanan rapid test yang ada di stasiun ini?

1. Layanan diberlakukan mulai 27 Juli

Joni mengungkapkan, awalnya layanan rapid test baru tersedia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pada 27 Juli 2020.

Kemudian, layanan tersebut akan diberlakukan di stasiun lainnya secara bertahap.

"Rapid tes mulai dibuka layanannya mulai Senin (27/7/2020) di Stasiun Pasar Senen, kemudian secara merata dilanjutkan pada 11 stasiun lainnya pada 30 Juli 2020," ujar Joni saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (1/8/2020).

Baca juga: Setelah Pasar Senen, Kapan Layanan Rapid Test Stasiun Lain Dibuka?

2. Biaya dan syarat rapid test

Manajer Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto meyampaikan, layanan rapid test yang tersedia di stasiun diperuntukkan bagi calon penumpang kereta jarak jauh.

"Untuk calon penumpang jarak jauh, misal relasi Solo-Jakarta, atau relasi Jogja-Surabaya, dan lainnya," ujar Eko kepada Kompas.com, Sabtu (1/8/2020).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X