Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Mana Asal Ayam Pertama di Dunia? Ini Studi Terbarunya

Kompas.com - 26/07/2020, 11:02 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama berabad-abad, ilmuwan melakukan penelitian untuk mendapatkan jawaban dari mana ayam pertama kali berasal dan bagaimana unggas tersebut dijinakkan.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa ayam yang dijinakkan di China bagian utara selama zaman Neolitikum sekitar 8.050 tahun sebelum masehi atau Peradaban Lembah Indus sekitar 2.000 tahun sebelum masehi di Pakistan dan laut India.

Banyak ilmuwan percaya, masuk akal jika ayam disebut berasal dari dua negara itu, China dan India.

Namun, penelitian terbaru mengungkap hasil berbeda.

DaMelansir CNN, Jumat (24/7/2020), dalam penelitian soal asal-usul ayam di dunia yang dipublikasikan jurnal Cell Research, para ilmuwan menganalisis 863 genom dari sampel ayam di seluruh dunia.

Hasilnya, ayam pertama di dunia kemungkinan ada di Asia Tenggara.

Para ilmuwan menemukan bahwa ayam modern diturunkan terutama dari ayam purba yang hidup di tempat yang sekarang bernama Myanmar, Laos, Thailand, dan China barat daya.

Co-author penelitian itu, Ming-Shan Wang, mengatakan, asal ayam bisa diketahui dari di mana ayam itu dijinakkan.

Baca juga: Asal-usul Kreo Selatan di Tangerang, Dulunya Rawa dengan Kawanan Unggas

Penelitian ini, kata dia, didasarkan pada informasi genetik dari DNA mitokondria atau 'data genom yang langka dari ayam komersial'.

Ming, yang juga peneliti pasca-doktoral di Paleogenomics Lab Universitas Santa Cruz, California, menyebutkan, studi sebelumnya terbatas karena jumlah sampel yang terbatas dan sampel burung hutan (genusnya sama dengan ayam peliharaan) yang buruk.

Hal itu membuatnya sulit untuk mengklarifikasi spesies yang berbeda.

"Hasil kami memberikan wawasan baru tentang sejarah evolusi ayam, memfasilitasi pemahaman yang lebih baik tentang sejarah manusia dan spesies lain di wilayah tersebut," kata dia.

Ia mengatakan, ayam modern paling erat kaitannya dengan subspesies unggas hutan merah liar, Gallus Gallus Spadiceus, yang saat ini hidup sebagian besar di China barat daya, Thailand utara, dan Myanmar.

Analisis para peneliti menunjukkan bahwa ayam domestik terpisah dari subspesies itu sekitar 12.800-6.200 tahun yang lalu, dengan domestikasi yang kemungkinan terjadi setelah punah.

Profesor arkeobotani di University College London's Dorian Fuller mengatakan, ayam-ayam kemungkinan dipindahkan dari daerah berhutan tropis atau rumpun bambu ke desa-desa yang dihuni manusia.

Baca juga: Pengusaha Tempat Pemotongan Unggas: Karyawan Tidur Bareng Ayam Tidak Ada yang Sakit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com