Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INFOGRAFIK: 5 Kesalahan Umum Cara Pakai Masker

Kompas.com - 19/07/2020, 07:48 WIB
Akbar Bhayu Tamtomo,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia masih terjadi. Sejumlah ahli meyakini bahwa, penggunaan masker dengan cara yang tepat dapat menekan penyebaran virus corona.

Terutama menekan penyebaran dari penderita Covid-19 yang tidak menunjukkan gejala (orang tanpa gejala) atau penderita yang belum menunjukkan gejala sakit.

"Virus corona bisa menyebar dari jarak 1,8 meter saat penderita batuk, bersin, atau bicara," kata Cleveland Clinic's Interim Chief Safety and Quality Officer Aaron Hamilton seperti dilansir Cleveland Clinic (7/4/2020).

Menurut Hamilton, penggunaan masker dapat mencegah penderita Covid-19 menularkan virus corona. Masker juga dapat melindungi Anda agar tidak memegang wajah secara langsung.

Seperti diketahui, kebiasaan memegang mata, hidung, atau mulut dalam kondisi tangan yang belum bersih bisa menjadi pintu penularan virus corona.

"Masker kain bisa jadi perlindungan ekstra saat Anda harus berada di luar rumah," jelas Hamilton.

Namun banyak orang yang masih kerap menggunakan masker dengan cara yang tidak tepat. Berikut infografik 5 kesalahan umum cara pakai masker yang masih terjadi: 

 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 5 Kesalahan Umum Cara Pakai Masker

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com