Kasus Covid-19 Dimungkinkan Telah Menginfeksi 10 Kali Lebih Banyak Warga AS dari yang Dilaporkan

Kompas.com - 26/06/2020, 21:06 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19 ShutterstockIlustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Para ahli kesehatan pemerintah AS meyakini, lebih dari 20 juta warga Amerika terinfeksi virus corona.

Jumlah itu 10 kali lebih banyak dari jumlah resmi yang dilaporkan.

Menurut pejabat senior kesehatan AS, hal ini menunjukkan banyaknya orang tanpa gejala (OTG) positif Covid-19 di Amerika.

Baca juga: Hampir 80 Persen Kasus Covid-19 Tak Bergejala, Ini Fakta soal OTG

Melansir Reuters, Kamis (25/6/2020) Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS ( CDC) mengatakan, hal ini didasarkan pada pengujian serologi yang digunakan untuk menentukan keberadaan antibodi yang menunjukkan apakah seseorang memiliki penyakit atau tidak.

Para pejabat mengatakan, perkiraan itu didasarkan pada jumlah kasus yang diketahui, antara 2,3 juta dan 2,4 juta, dikalikan dengan tingkat rata-rata antibodi yang terlihat dari tes serologi, yakni sekitar rata-rata 10 berbanding 1.

"Jika Anda mengalikan kasus dengan rasio itu, di situlah Anda mendapatkan angka 20 juta itu," kata seorang pejabat.

Baca juga: Mengenal Apa Itu OTG dan Bagaimana Mengujinya?

Kasus baru Covid-19

Jika benar, prediksi ini menyarankan persentase kematian AS akibat virus corona lebih rendah dari yang prediksi.

Data yang dihimpun Reuters menunjukkan, lebih dari 120.000 warga Amerika telah meninggal dunia karena penyakit ini sejak pandemi muncul di awal tahun.

Perkiraan tersebut muncul ketika pejabat pemerintah mencatat bahwa banyak kasus baru muncul pada orang muda yang tidak menunjukkan gejala dan mungkin tidak tahu mereka telah terinfeksi.

Baca juga: WHO Sebut Pandemi Corona di AS Belum Sampai Puncaknya

Para pejabat mengatakan orang-orang muda tanpa gejala, tetapi yang secara teratur melakukan kontak dengan populasi rentan, harus secara proaktif diuji untuk memastikan mereka tidak menyebarkannya.

Halaman:
Baca tentang

Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X