Kenali Bahaya Pasang Behel di Tukang Gigi

Kompas.com - 26/06/2020, 19:46 WIB
Tangkapan layar kondisi kerusakan gigi akibat tindakan di tukang gigi beredar Kamis (25/6/2020). Instagram: @mirnaoktaviasTangkapan layar kondisi kerusakan gigi akibat tindakan di tukang gigi beredar Kamis (25/6/2020).

KOMPAS.com - Sebuah unggahan menampilkan adanya pasien dengan kondisi gigi yang memprihatinkan beredar di media sosial Instagram pada Kamis (25/6/2020).

Dalam unggahan tersebut, disebutkan bahwa kondisi gigi pasien telah rusak akibat tindakan dari tukang gigi.

"Yang ini akan dibongkar next visit, bongkarnya memakan waktu lama banget dan ga mudah karena tukang gigi bikinnya asal nempel sana-sini ga aturan," tulis keterangan dari akun Instagram drg Mirna Oktavia Sari, @mirnaoktavias.

Baca juga: Viral, Unggahan Anggota Polisi di Lamongan Rawat dan Mandikan ODGJ

Tak hanya itu, keluhan mengenai hasil tindakan tukang gigi juga diunggah oleh akun Twitter @rahmaandini98.

"Kakakku dokter gigi, pernah dapet pasien yang ngeluh giginya ngilu dan sering berdarah, ternyata pas ditanya masang behelnya di tukang gigi, pas kaka ku cek gusinya bengkak bernanah, trus giginya itu goyang semua alias serem bgt," tulis dia pada twitnya, Kamis (25/6/2020).

Baca juga: Viral, Video Kolam Renang di Bogor Dijadikan Tempat untuk Ternak Lele

Baca juga: Viral, Unggahan Anggota Polisi di Lamongan Rawat dan Mandikan ODGJ

Keluhan lainnya juga dapat dijumpai di media sosial terkait penanganan yang kurang aman dari tukang gigi.

Lantas, apa saja bahaya jika kita memasrahkan tindakan pemasangan kawat gigi (behel) kepada tukang gigi daripada ke dokter gigi?

Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut sekaligus Founder Diga Oral Health Center, Jakarta Selatan, drg Widya Apsari mengungkapkan tindakan memasang kawat gigi atau behel membutuhkan ilmu dan teori dari orang yang pernah belajar medis.

"Kalau pasang kawat gigi itu tindakan medis dan sebenarnya ada lmunya tersendiri, bukan berarti behelnya asal tempel dan dikasih karet," ujar Widya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Selain itu, Widya menjelaskan, cara kerja behel sebenarnya dengan merusak tulang gigi yang bertujuan untuk menggerakan gigi agar lebih rapi dalam lengkungan rahang.

Baca juga: Ely Sugigi Dikabarkan Potong Gigi, Ini Risiko dan Efek Sampingnya

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X