Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembatasan Wilayah di Vietnam Sukses Tekan Kasus Corona di Angka 349, Ini Rahasianya...

Kompas.com - 23/06/2020, 17:33 WIB
Vina Fadhrotul Mukaromah,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vietnam menunjukkan sebuah penanganan Covid-19 yang dinilai efektif setelah mampu mempertahankan angka kematian 0 (nol) kasus.

Pemerintah Vietnam menilai bahwa mencegah transmisi kepada para tenaga kesehatan dan kemudian kembali ke masyarakat merupakan strategi pengendalian yang penting.

Belajar selama wabah SARS tahun 2003-2004, banyak tenaga kesehatan yang terinfeksi. Terlepas dari indeks pasien, semua orang di Vietnam yang meninggal saat SARS di Vietnam adalah dokter dan perawat.

Setelah lebih dari 10 tahun, negara ini telah secara signifikan memiliki kontrol infeksi di rumah sakit yang lebih baik dengan melakukan investasi pada sistem organisasional, membangun fasilitas fisik, membeli peralatan dan persediaan, serta melatih para tenaga kesehatan.

Melansir hasil riset di laman Exemplars in Global Health, untuk menghadapi pandemi Covid-19, Vietnam juga telah memperkuat prosedur rumah sakit agar mencegah infeksi pada lingkungan layanan kesehatan.

Meskipun kebanyakan pasien Covid-19 di Vietnam dirujuk ke rumah sakit khusus di Hanoi dan Ho Chi Minh City, fasilitas layanan kesehatan di selutuh tingkat dipersiapkan untuk menerima mereka. 

"Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kelebihan kapasitas pada fasilitas kesehatan ketika terjadi wabah yang lebih besar," tulis riset tersebut. 

Baca juga: Nol Kasus Kematian, Ini 3 Tingkat Penelusuran Kontak Covid-19 di Vietnam

Penguncian tertarget

Selain penelusuran kontak, Vietnam juga melakukan karantina massal di titik yang diduga sebagai hotspot berdasarkan bukti epidemiologis dari waktu ke waktu.

Vietnam melakukan penguncian atau lockdown nasional pada 1 April 2020 lalu. Awalnya, penguncian ini dilakukan selama 15 hari, tetapi kemudian diperpanjang menjadi 21 hari di 28 provinsi, dari total 63 provinsi.

Berikut adalah penguncian tertarget yang dilakukan oleh pemerintah Vietnam:

13 Februari-4 Maret 2020

Penguncian dilakukan di Son Loi Commune, Provinsi Vinh Phuc dengan 10.000 masyarakat terdampak. Saat itu, ada 16 kasus Covid-19 di Vietnam, dengan 6 di antaranya di Son Loi.

Wisatawan domestik di Vietnam kembali meramaikan beberapa destinasi wisata. Salah satunya Hoi An.SCMP / PATRICK SCOTT Wisatawan domestik di Vietnam kembali meramaikan beberapa destinasi wisata. Salah satunya Hoi An.

6 Maret-20 Maret 2020

Pada periode ini, penguncian dilakukan di Truc Bac Street (Hanoi). Ada 190 orang yang terdampak dalam penguncian ini. 

Saat itu, pasien 17 (kasus pertama yang terkonfirmasi pada gelombang kedua) tinggal di jalan ini, 66 rumah tangga pun dikunci.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com