Hari Ini dalam Sejarah: Lahirnya Pangeran William, Penerus Takhta Kerajaan Inggris

Kompas.com - 21/06/2020, 09:43 WIB
Putri Diana sedang menggendong Pangeran William. THE DUKE OF CAMBRIDGE AND PRINCE HARRY/BBCPutri Diana sedang menggendong Pangeran William.

KOMPAS.com - Hari ini 38 tahun yang lalu, tepatnya 21 Juni 1982, segenap keluarga kerajaan dan masyarakat Inggris berbahagia menyambut kehadiran penerus takhta kerajaan.

Pangeran Charles dan istrinya ketika itu, mendiang Putri Diana, akhirnya resmi menjadi sepasang orangtua setelah Lady Di, sapaan Diana, melahirkan putra pertamanya di Rumah Sakit Saint Mary Paddington, London.

Dari artikel Harian Kompas, 22 Juni 1982 perempuan bernama lengkap Diana Spencer ini masuk  ke rumah sakit pada pagi hari pukul 05.00 waktu setempat, karena merasakan kontraksi hebat.

Putri Diana yang saat itu masih berusia 20 tahun telah melahirkan seorang bayi laki-laki dengan berat 3,2 kg dan memiliki bola mata berwarna biru. Ia menangis kencang saat pertama kali keluar dari rahim sang ibunda.

Baca juga: Panduan Wisata ke Istana Buckingham London

Istana Buckingham mengumumkan bayi tersebut dilahirkan pada malam hari pukul 21.03 waktu setempat dalam keadaan sehat.

Masyarakat Inggris pun bersorak gembira atas kelahiran pangeran baru kerajaan, setelah menunggu cukup lama, sekitar 9 jam di area rumah sakit.

Kebahagiaan yang sama juga dirasakan Ratu Elizabeth II yang diberi kabar kelahiran cucu pertamanya oleh sang putra melalui sambungan telepon.

Nama dari bayi laki-laki ini memang tidak langsung diumumkan pada malam itu juga, namun banyak pihak yang berpendapat nama tradisional Inggris lah yang akan disematkan pada bayi yang bergelar Prince of Wales itu.

Misalnya George, James, Charles, Edward, David, Philip, atau Louis.Ternyata, nama yang disematkan pada pangeran kecil ini adalah William Arthur Philip Louis Windsor.

Baca juga: Ingin Bekerja di Istana Buckingham? Ini Ada 6 Lowongan Pekerjaan

Kabar diumumkan ke masyarakat

Beberapa jam setelah istrinya melalui proses persalinan, Pangeran Charles keluar rumah sakit untuk menemui masyarakat dan menyampaikan ucapan terima kasih.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X