Kompas.com - 18/05/2020, 12:33 WIB
Penumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). PT Angkasa Pura II mengeluarkan tujuh prosedur baru bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPenumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). PT Angkasa Pura II mengeluarkan tujuh prosedur baru bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

KOMPAS.com - Sejumlah instansi tengah mempersiapkan skenario The New Normal yang akan diimplementasikan saat pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pada hari Jumat (15/5/2020) Menteri BUMN Erick Thohir juga menyampaikan surat edaran (SE) kepada seluruh Direktur Utama BUMN perihal antisipasi skenario The New Normal.

Beberapa instansi pun telah menindaklanjuti arahan tersebut dengan menyatakan kesiapan implementasi The New Normal maupun menyusun skenario dari langkah tersebut.

Melansir berbagai pemberitaan Kompas.com, berikut adalah beberapa instansi yang telah menyatakan kesiapan ataupun menyusun protokol dalam menjalankan skenario The New Normal untuk pandemi corona ini:

Baca juga: PSBB Dibuka, Karyawan BUMN di Bawah 45 Tahun Diizinkan Masuk Kantor 25 Mei

1. PT KAI

Sebagai tindak lanjut dari arahan Menteri BUMN melalui surat Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersiap menjalankan skenario The New Normal di lingkungan KAI.

Mengutip keterangan pers PT KAI, 17 Mei 2020, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan protokol untuk mengantisipasi skenario penerapan The New Normal di KAI. 

Selain protokol terkait pelayanan kepada pelanggan, protokol tersebut juga mengatur para pekerja yang berusia di bawah 45 tahun untuk masuk kantor seperti biasa dengan tetap memperhatikan aturan PSBB di masing-masing wilayah kerja.

Baca juga: Hadapi Skenario New Normal, Ini Langkah PT KAI

Didiek mengatakan, hingga kini, KAI fokus pada layanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) di Jawa, KA Lokal, KRL, dan KA Angkutan Barang.

Dalam pengoperasiannya, KAI sendiri menjalankan protokol pencegahan Covid-19 yang diawasi oleh Satgas Covid-19 KAI yang telah terbentuk sejak Maret 2020.

Khusus untuk layanan KA Penumpang, pihak KAI mengatakan akan tetap mengikuti perkembangan sesuai dengan aturan yang diterbitkan Kementerian Perhubungan selaku regulator perkeretaapian.

Baca juga: Jonan Buka Suara Soal Langkah Erick Thohir Rombak Direksi PT KAI

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.