Kompas.com - 17/05/2020, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Kritik terus dilontarkan terhadap program pemerintah, Kartu Prakerja, yang menyasar para pencari kerja usia muda dan pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) karena dampak pandemi virus corona.

Melalui program Kartu Prakerja, pemerintah memberikan insentif uang yang bisa diperoleh setelah peserta Kartu Prakerja mengikuti pelatihan online yang telah disediakan.

Kritik itu, salah satunya, yang tengah ramai di media sosial belakangan ini, melalui situs prakerja.org.

Situs ini menyediakan pelatihan daring gratis. Pelatihan-pelatihan yang sama disediakan secara berbayar melalui insentif Kartu Prakerja. 

Melansir laman Prakerja.org, mereka menyebut dirinya sebagai bentuk kritik terhadap pemerintah khususnya terhadap program Kartu Prakerja.

Laman situs prakerja.orgprakerja.org Laman situs prakerja.org
Kompas.com menghubungi admin pengelola situs prakerja.org, untuk mengetahui lebih jauh mengenai situs ini, tetapi hingga Minggu (17/5/2020) pagi belum mendapatkan jawaban.

Baca juga: Cara Cairkan Saldo Kartu Prakerja lewat GoPay, BNI, OVO, dan LinkAja

Tanggapan pengelola Kartu Prakerja

Jika ada yang gratis, kenapa harus mengikuti yang berbayar? Komentar ini banyak disampaikan sejumlah pengguna media sosial, khususnya Twitter.

Menanggapi kemunculan laman prakerja.org, Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, ada yang membedakan program Kartu Prakerja dari pemerintah.

Ia mengklaim, program Kartu Prakerja ada akuntabilitas. Hal ini diklaimnya yang membedakan program Kartu Prakerja dengan program yang diadakan secara swadaya masyarakat.

"Jika memiliki keahlian dan kualifikasi untuk dibagikan ke peserta Kartu Prakerja, silakan gabung jadi lembaga pelatihan di ekosistem Kartu Prakerja. Terbuka, tentunya harus memenuhi syarat dan kewajiban," kata Panji saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/5/2020).

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.