Kabar Baik Virus Corona, Pemerintah Thailand Longgarkan Lockdown di Bangkok

Kompas.com - 04/05/2020, 17:13 WIB
Street food di Bangkok, Thailand ShutterstockStreet food di Bangkok, Thailand

KOMPAS.com - Sejumlah pedagang makanan kaki lima kembali berjualan di Bangkok, Thailand setelah pemerintah setempat mulai melonggarkan kebijakan lockdown.

Pada Januari 2020, Thailand merupakan negara pertama di luar China yang melaporkan adanya kasus infeksi virus corona.

Namun, angka kasus hariannya terus menurun dengan total kasus kini sebanyak 2.969 kasus dan 54 kematian.

Baca juga: Pengembang Thailand Jual Properti Tanpa Ambil Untung

Melansir Reuters, Senin (4/5/2020) Pemerintah setempat telah melonggarkan beberapa kebijakan lockdown dan mengizinkan pedagang kaki lima, restoran, serta toko-toko untuk kembali beroperasi.

Pemerintah juga mengizinkan penjualan minuman beralkohol dengan catatan bahwa pembeli hanya boleh minum alkohol di rumah masing-masing.

"Kios kami telah tutup selama 40 hari karena tidak ada satupun pengunjung yang datang. Pendapatan kami berkurang hingga 70 persen," kata Taweesak Tabthong, seorang pemilik restoran yang menyediakan masakan berbahan sirip hiu.

Baca juga: Virus Corona, Raja Thailand dan Permaisuri Cek Produksi APD

Sebelumnya, restoran dan pedagang kaki lima hanya diizinkan berjualan makanan untuk dibawa pulang atau melayani pesanan pesan antar.

Pengunjung kini diperbolehkan makan di restoran, namun tetap diwajibkan untuk mematuhi aturan social distancing. Para pemilik usaha juga mengatur tempat duduk agar ada jarak aman.

Seorang pengunjung, Wannika Naphon mengaku senang bisa menikmati makanan di luar rumah untuk pertama kalinya, setelah sebelumnya menjalani isolasi mandiri di rumah.

Baca juga: Beckham Putra Nugraha Dapat Promosi Berkarier di Kompetisi Thailand

"Saya yakin Yaowarat akan kembali dipadati pengunjung dalam waktu dekat," kata dia sembari menyebut nama jalan yang terkenal sebagai pusat jajanan kaki lima di Bangkok.

Halaman:

Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X