Kompas.com - 02/04/2020, 07:07 WIB
warga AS Jillian Kislow membuat masker wajah untuk teman-temannya di dapurnya selama wabah global penyakit coronavirus (COVID-19) di Pasadena, California, AS, 26 Maret 2020. REUTERS/MARIO ANZUONIwarga AS Jillian Kislow membuat masker wajah untuk teman-temannya di dapurnya selama wabah global penyakit coronavirus (COVID-19) di Pasadena, California, AS, 26 Maret 2020.

KOMPAS.com - Ajakan untuk menggunakan masker kain di tengah wabah corona kini didengungkan karena terbatasnya stok masker medis, baik masker N95 maupun masker bedah.

Selain itu, ajakan ini untuk mengajak setiap orang tidak berburu masker medis agar stok bagi pekerja medis aman karena mereka yang lebih membutuhkan. 

Awalnya, penggunaan masker disarankan bagi mereka yang sakit maupun mereka yang merawat pasien yang terindikasi atau positif infeksi virus corona.

Kini, siapa saja disarankan menggunakan masker terutama jika bepergian ke luar rumah karena adanya penularan virus corona dari mereka yang tidak bergejala.

Menggunakan masker jika berkegiatan di luar rumah juga salah satu rekomendasi cara melindungi diri dari penularan virus corona yang disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga: Ampuhkah Masker Kain Cegah Penularan Covid-19?  

Penggunaan masker kini dianggap sebagai upaya untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan virus corona.

Berikut ulasan mengenai masker kain dan cara membuatnya sendiri:

Daripada tidak mengenakan masker sama sekali

Melansir Business Insider, meskipun masker wajah buatan sendiri atau masker kain tidak seefektif masker bedah atau respirator N95, mayoritas ahli mengatakan bahwa lebih baik menggunakan masker wajah buatan sendiri dibandingkan tidak sama sekali dalam hal mencegah penyebaran virus corona.

Sebuah studi pada 2013 mengamati kemampuan masker yang terbuat dari bahan kaus katun untuk mencegah penyebaran influenza.

Para peneliti menemukan, masker buatan ini efektivitasnya sepertiga dari efektivitas dengan menggunakan masker bedah.

Bahkan, masker buatan sendiri secara signifikan mengurangi jumlah mikroorganisme yang tersebar.

Namun, penelitian ini tidak menjelaskan seberapa efektif masker buatan melindungi orang menghirup partikel yang bisa mengandung virus.

Apa yang harus diperhatikan dari masker kain?

Masker kainSHUTTERSTOCK Masker kain
Pembuatan masker kain dapat menggunakan bahan-bahan umum yang mudah ditemukan.

Lapisan-lapisan masker menjadi kunci pembuatan masker yang efektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.