Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TREN] Kapan Virus Corona di Indonesia Berakhir? | 6 Kabar Baik Penanganan Covid-19

Kompas.com - 02/04/2020, 05:15 WIB
Inggried Dwi Wedhaswary

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapan virus corona di Indonesia akan berakhir? Sejumlah prediksi disampaikan para akademisi dan peneliti dari berbagai lembaga dan universitas di Indonesia.

Ada yang memprediksi pada Juni, Juli, bahkan September. Prediksi kapan virus corona di Indonesia berakhir menjadi salah satu berita yang paling banyak dibaca di laman Tren sepanjang Rabu (1/4/2020) hingga Kamis (2/4/2020) pagi ini.

Berita lainnya, masih seputar virus corona, di antaranya perkembangan Covid-19 di dunia yang angkanya masih terus mengalami penambahan.

Berikut sejumlah berita populer laman Tren sepanjang Rabu hingga Kamis pagi ini:

1. Apa bedanya PSBB dengan karantina wilayah?

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diputuskan penerapannya oleh pemerintah memiliki perbedaan dengan karantina wilayah.

Apa bedanya?

Mengutip Pasal (1) Ayat (11) UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan, yang dimaksud dengan pembatasan sosial berskala besar adalah sebagai berikut:

"Pembatasan Sosial Berskala Besar adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam sautu wilayah yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi." 

Sementara, mengutip Pasal (1) Ayat (10) UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan, yang dimaksud dengan karantina wilayah adalah sebagai berikut:

"Karantina Wilayah adalah pembatasan penduduk dalam suatu wilayah termasuk wilayah pintu masuk beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi."

Baca selengkapnya pada berita berikut ini:

Jokowi Putuskan Pembatasan Sosial Skala Besar, Apa Bedanya dengan Karantina Wilayah?

2. Kapan virus corona di Indonesia akan berakhir?

Mengutip keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu (1/4/2020), berdasarkan kurva eksponensial yang diperoleh dari enam penelitian tersebut, dapat disimpulkan hal-hal berikut:

  • Periode titik puncak mayoritas penelitian memprediksi terjadi sekitar bulan Mei 2020. Pada periode ini, diprediksi pertambahan jumlah kasus harian sudah mulai melambat.
  • Periode kritis diprediksi terjadi pada minggu kedua bulan April hingga awal Mei 2020 di mana tingkat pertambahan harian akan meningkat cukup tajam.
  • Periode pemulihan diprediksi paling cepat pada 110 hari hingga 150 hari.

Baca selengkapnya hasil penelitian dan prediksi itu pada berita ini:

1.677 Orang Terinfeksi Covid-19, Kapan Virus Corona di RI Berakhir?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com