Kompas.com - 19/03/2020, 15:47 WIB
Ilustrasi BPJS ShutterstockIlustrasi BPJS

KOMPAS.com - Penyebaran virus corona di Indonesia tercatat sudah mencapai 277 kasus yang tersebar di wilayah Bali, Jawa, Sumatera, dan lainnya per Rabu (18/3/2020).

Pemerintah telah mengumumkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) sejak 4 Februari.

Menteri Kesehatan sendiri telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/Menkes/104/2020 tentang Penetapan Infeksi Novel Coronavirus (Infeksi 2019-nCoV) sebagai penyakit yang dapat menimbulkan wabah dan upaya penanggulangannya.

Menyoal penyebaran virus ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta pihak BPJS Kesehatan untuk turut serta menanggung penanganan pasien virus corona.

Sementara, BPJS Kesehatan diketahui telah menurunkan iuran per bulan yang awalnya sempat mengalami kenaikan pada 1 Januari 2020.

Baca juga: Jadi Pandemi Global, Kenali 3 Gejala Awal Covid-19

Lantas, apakah fasilitas penjaminan kesehatan ini dapat digunakan bagi orang dengan pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan suspect virus corona?

Penjelasan BPJS Kesehatan

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan Fachmi IdrisPrimus Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris menegaskan Perpres No 82/2018, pasal 52 mengatur tentang pelayanan kesehatan yang tidak dijamin program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

Pada pasal 52 huruf O, tentang pelayanan kesehatan yang tidak dijamin termasuk: “Pelayanan kesehatan akibat bencana pada masa tanggap darurat, kejadian luar biasa/wabah”.

Dengan demikian, pasal ini mengatur larangan. Sesuai regulasi, BPJS Kesehatan
dilarang menjamin pelayanan kesehatan akibat wabah. Karena biaya ini ditanggung
oleh pemerintah secara langsung.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.