Kajian Terbaru Virus Corona, Periode Inkubasi 5 hingga 12 Hari

Kompas.com - 11/03/2020, 14:30 WIB
Ilustrasi virus corona Dok. ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Orang yang terjangkit virus corona cenderung akan menunjukkan gejala sekitar lima hari setelah terpapar dan kebanyakan berlangsung dalam waktu dua minggu. 

Sementara, periode inkubasi cenderung konsisten dengan perkiraan sebelumnya dari pihak berwenang di bidang kesehatan publik yakni selama 14 hari. 

Menurut penelitian yang baru dipublikasikan Senin (10/3/2020), dianjurkan 14 hari karantina bagi orang yang berpotensi terpapar virus corona.

Melansir CNN, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) AS telah menerapkan standar selama pandemi dan merekomendasikan langkah-langkah seperti karantina sendiri selama dua minggu setelah melakukan perjalanan ke negara-negara dengan penularan virus corona seperti Italia atau Korea Selatan.

Baca juga: Cegah Penyebaran Corona, Saudi Berlakukan Denda Rp 1,9 M bagi Siapapun yang Menyembunyikan Penyakit

Sementara, menurut Profesor Epidemi di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health dalam jurnal penelitiannya menyebutkan bahwa pemindaian gejala virus seperti pemeriksaan suhu di bandara, mungkin tidak dapat mendeteksi orang yang baru terinfeksi.

"Jika seseorang berada dalam periode inkubasinya, ini menjadi saat ketika seseorang yang telah terinfeksi dapat bergerak bebas dan tidak dideteksi melalui pengamatan yang berdasarkan gejala tampak," tulis dia. 

Kondisi ini dapat menjelaskan mengapa upaya CDC untuk memeriksa lebih dari 46.000 orang yang memiliki gejala demam, batu, dan napas pendek hanya menghasilkan satu kasus positif virus corona.

Baca juga: Wabah Corona dan Upaya Meredam Kecemasan Publik

Perbedaan periode inkubasi 

Untuk memperkirakan periode inkubasi, peneliti memeriksa lebih dari 180 laporan virus corona.

Karena penelitian dilakukan di awal epidemi virus corona, penularan komunitas saat itu masih terbatas di Wuhan, China. Kondisi ini memungkinkan peneliti untuk memperkirakan waktu paparan virus corona dengan mengukur ketika seseorang berada di Wuhan.

Dengan membandingkan perjalanan ke Wuhan dengan kemunculan gejala, peneliti dapat memperkirakan periode inkubasi virus, yaitu biasanya sekitar 5 hari dan sangat jarang lebih dari 12 hari.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X