Kompas.com - 11/03/2020, 10:26 WIB
Gempa bumi mengguncang Sukabumi Dok. BMKGGempa bumi mengguncang Sukabumi

KOMPAS.com - Gempa bumi bermagnitudo 5,1 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa (10/2/2020) sekitar pukul 17.18 WIB.

Dari informasi BPBD Kabupaten Sukabumi, gempa tersebut mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa di Sukabumi tersebut dipicu oleh sesar yang aktif.

“Hasil analisis menunjukkan bahwa gempa ini diakibatkan oleh aktivitas slip atau pergeseran blok batuan kulit bumi secara tiba-tiba,” ujarnya ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (11/3/2020)

Ia menyebut dengan melihat peta zonasi sumber gempa di wilayah Jawa Barat tampak bahwa lokasi episenter gempa ini berada di zona Sesar Citarik.

“Zona sumber gempa sesar aktif ini berada di sebelah barat Sesar Cimandiri, akan tetapi berada di sebelah timur zona sumber gempa Kluster Bogor yang aktif memicu rentetan gempa swarm yang berpusat di Kecamatan Nanggung, Bogor pada bulan Agustus 2019,” lanjutnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa Indonesia Kerap Dilanda Gempa Bumi?

Gempa lokal

Menurut Daryono, dilihat dari bentuk gelombang gempa (waveform) tampak jelas adanya gelombang geser yang cukup nyata dan kuat.

Adapun selisih waktu tiba catatan gelombang pressure (P) dan Shear (S) hanya 6 detik yang memberi petunjuk bahwa gempa yang terjadi merupakan gempa lokal.

“Gempa semacam ini biasa dikenal sebagai gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas sesar aktif,” lanjut Daryono.

Titik episenter gempa kemarin berada pada koordinat 6,81 LS dan 106,66 BT tepat di darat di wilayah Kecamatan Kalangpanunggal Kebupaten Sukabumi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X