Dua Peserta Konferensi yang Dihadiri Wapres AS Dinyatakan Positif Virus Corona

Kompas.com - 07/03/2020, 16:20 WIB
Wakil Presiden AS Mike Pence tiba untuk serangkaian pertemuan tertutup di Gedung AS dengan DPR Republik dan Demokrat mengenai tanggapan pemerintah terhadap wabah virus coronavirus COVID-19 di Washington, DC, AS EPA-EFE/ERIK S. LESSER ERIK S. LESSERWakil Presiden AS Mike Pence tiba untuk serangkaian pertemuan tertutup di Gedung AS dengan DPR Republik dan Demokrat mengenai tanggapan pemerintah terhadap wabah virus coronavirus COVID-19 di Washington, DC, AS EPA-EFE/ERIK S. LESSER

KOMPAS.com - Dua orang dinyatakan positif mengidap virus corona setelah ikut serta dalam sebuah konferensi yang diadakan oleh kelompok pro-Israel di Washington.

Konferensi itu turut dihadiri oleh Wakil Presiden Mike Pence, Sekretaris Negara Mike Pompeo dan puluhan anggota parlemen.

Komite Urusan Publik Israel (AIPAC) Amerika mengatakan dalam sebuah email ke peserta bahwa dua orang yang terinfeksi telah melakukan perjalanan dari New York untuk pergi ke acara yang diselenggarakan pada 1-3 Maret 2020 lalu.

"Kami telah mengkonfirmasi bahwa setidaknya dua peserta konferensi dari New York telah dites positif virus corona," tulis AIPAC dalam pesan yang diunggah di akun Twitter-nya, dilansir dari AFP (7/3/2020).

Para pejabat mengatakan pada Jumat (6/3/2020), bahwa 22 kasus baru telah dikonfirmasi di New York, sebagian besar di Westchester County, sehingga total kasus menjadi 44.

"Kami terus berkomunikasi dengan Departemen Kesehatan Wilayah Westchester dan Departemen Kesehatan DC yang berkoordinasi dengan Departemen Kesehatan New York dan otoritas kesehatan nasional," lanjut pernyataan tersebut.

Baca juga: 12 Pejabat Pemerintah Iran yang Dinyatakan Positif Virus Corona

AIPAC mengedarkan pernyataan itu pada Jumat malam setelah otoritas kesehatan Washington mengatakan tak ada risiko langsung bagi para peserta.

Acara tersebut menghadirkan pejabat ternama AS, termasuk Pence, Pompeo, pemimpin mayoritas senat Mitch McConnell, dan Mike Bloomberg.

Anggota parlemen dari semua kelompok politik menghadiri acara tahunan AIPAC itu untuk mengikrarkan dukungan mereka bagi Israel.

Dalam surat itu, AIPAC mendesak peserta konferensi yang dinyatakan positif untuk segera memberitahu otoritas kesehatan setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.