Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sejumlah Negara Menginformasikan Virus Corona ke Warganya

Kompas.com - 07/03/2020, 15:00 WIB
Rizal Setyo Nugroho

Penulis

 

KOMPAS.com - Virus corona telah menyebar hingga 93 negara sejak muncul di Wuhan, China akhir Desember 2019 lalu. Menginfeksi 102.188 orang dan menewaskan 3.491 orang di seluruh dunia. 

Indonesia sendiri mengkonfirmasi ada 4 pasien positif penyakit Covid-19 hingga Sabtu (7/3/2020).

Beberapa negara memberikan informasi tentang penyebaran virus corona di halaman kementerian kesehatan masing-masing atau portal khusus.

Hal itu untuk memberikan informasi resmi dan menghindari informasi yang simpang siur dan hoaks. Berikut bagaimana negara-negara memantau dan memberikan informasi tentang virus corona:   

Singapura

Singapura misalnya, mempunyai daftar lengkap rekap penyebaran kasus virus corona sejak 21 Januari.

Data itu ditampilkan dalam dashboard yang mudah dipahami. Berisi jumlah berapa yang dilaporkan memiliki gejala, kasus yang dikonfirmasi dadn pasien yang dibolehkan pulang.

Termasuk dilengkapi dengan jenis kelamin, gender, asal negara dan peta kasus penularan yang dapat dilacak.

Menarik dan lengkap, karena mudah dipahami dan informasi yang disampaikan jelas. Sampai dengan kluster penyebaran dan rantai penularannya.

Dashboard kolaborasi masyarakat dan pemerintah Singapura itu bisa dibuka di www.wuhanvirus.sg

Singapura, melalui laman kementerian kesehatan juga memberikan klarifikasi dan jawaban seputar rumor dan hoaks yang beredar seputar virus corona.

Klarifikasi didatangkan dari institusi terkait, tidak hanya dari kementerian kesehatan untuk menjawab info yang simpang siur itu. Laman Kementerian Singapura

Baca juga: Update Virus Corona: Malaysia Konfirmasi 84 Kasus, Indonesia 4 dan Singapura 130

Hong Kong

Pemerintah Hong Kong tidak hanya memberikan rilis resmi terkait virus corona namun juga web informasi yang cukup lengkap.

Banyak informasi juga bisa dicek di web itu, seperti apa itu Covid-19, tips kesehatan, berita terbaru dan klarifikasi informasi yang beredar di masyarakat.

Selain itu, ada juga peta penyebaran web tersebut. Lengkap dengan lokasi blok, penjelasan rumah sakit, perkembangan jumlah dan kondisi pasien, riwayat singkat, umur dan kelaminnya.

Web info virus corona Hong Kong

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com