Terlalu Lama Bermain Gadget Bisa Pengaruhi Mental Anak, Benarkah?

Kompas.com - 01/03/2020, 07:00 WIB
Terlalu lama bermain gadget dapat berpengaruh pada emosi mental anak-anak Shutterstock.comTerlalu lama bermain gadget dapat berpengaruh pada emosi mental anak-anak

KOMPAS.com - Bermain gadget dengan berbagai aplikasi juga games di dalamnya sudah menjadi hal umum dilakukan oleh anak-anak yang tumbuh di era serba digital ini.

Ketimbang bermain bersama teman di ruang terbuka yang melibatkan aktivitas fisik, anak-anak sekarang dinilai lebih menggemari berlama-lama dengan ponsel pintar yang diberikan orang tuanya.

Berjam-jam waktu bisa mereka habiskan hanya untuk bermain game atau membuka aplikasi-aplikasi lain di ponsel. Tak jarang, orangtua merasa kuwalahan untuk membatasi kebiasaan anak ini.

Selain tidak produktif, orang tua juga banyak yang mendapati anaknya menjadi lebih apatis karena terlalu lama bermain dengan gadgetnya.

Seberapa tinggi sebenarnya pengaruh yang ditimbulkan oleh kecanduan hape ini terhadap emosional seorang anak?

Baca juga: Viral Bayi di Brasil Cemberut saat Baru Dilahirkan, Ini Kata Fotografernya..

Kecanduan

Sebuah jurnal yang diunggah di Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences dengan judul "The Relationship between the Duration of Playing Gadget and Mental Emotional State of Elementary School Students" (2019) menjelaskan hal itu.

Dari penelitian yang dilakukan, diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara emosi mental dan durasi bermain gadget pada 103 siswa-siswa SD yang menjadi obyek penelitian.

Anak-anak yang terlalu banyak menggunakan gadget bisa menyebabkan kecanduan yang ditandai dengan meminta waktu tambahan bermain gadget jika batasan yang ditentukan telah habis.

Jika sudah berpengaruh pada mental, anak-anak bisa menggunakan kekuatannya untuk memukul, bertindak agresif, dan menangis.

Sementara khusus pada anak-anak laki-laki, dampak terlalu banyak bermain gadget bisa menimbulkan tindak kekerasan karena lebih agresif dan emosi belum terkontrol.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X