Dampak Virus Corona terhadap Pariwisata di Asia Tenggara

Kompas.com - 16/02/2020, 14:40 WIB
Wisatawan yang mengenakan masker terlihat di Bandara Changi di Singapura, 31 Januari 2020. Singapura menutup perbatasannya dengan wisatawan dari China. HOW HWEE YOUNGWisatawan yang mengenakan masker terlihat di Bandara Changi di Singapura, 31 Januari 2020. Singapura menutup perbatasannya dengan wisatawan dari China.

KOMPAS.com -  Virus corona yang menyebar dari Wuhan, China tidak hanya membawa dampak pada gangguan kesehatan di berbagai negara dunia, namun juga berimbas pada dunia pariwisata.

Banyak calon wisatawan takut untuk datang berkunjung ke negara-negara di Asia Tenggara karena takut terinveksi virus Covid-2019.

Sejumlah negara di Asean diketahui telah terkonfirmasi virus corona, di antaranya Singapura, Thailand, Malaysia, Kamboja, dan Filipina. 

Selain warga dunia yang ketakutan, kunjungan wisatawan juga menurun karena China berkontribusi besar wisatawan asing terbesar di kawasan Asean.

China banyak mengurung warganya untuk tidak meninggalkan negara itu di tengah wabah yang masih terus meluas. 

Kamboja dan Thailand

Penurunan jumlah wisatawan misalnya dialami oleh Kamboja dan Thailand.

Taman-taman gajah sepi pengunjung, perahu wisata tidak jalan, barang-barang antik di pasar tidak terjual saat tuk-tuk berhenti beroperasi. 

Dari Luang Prabang di Laos utara hingga Pattaya di Thailand, Hoi An di Vietnam, dan kota kasino Kamboja, Sihanoukville terdampak virus corona dari Wuhan, China. 

Potensi pemasukkan jutaan dollar Amerika dari kunjungan wisatawan itu pun hilang akibat kondisi tersebut.

"Kami tidak kedatangan turis China 10 hari ini sejak mereka menutup akses dari Yunnan. Bisnis menurun 20-30 persen, saya akan merugi," kata seorang pedagang di Colonial Town, Luang Prabang, Laos seperti dikutip dari AFP.

Baca juga: 1 Penumpang Kapal Pesiar Amerika Positif Virus Corona di Malaysia

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X