Tips Mencegah Penularan Virus Corona Jika Bepergian dengan Pesawat

Kompas.com - 16/02/2020, 12:17 WIB
Ilustrasi keadaan dalam kabin pesawat m_sovinskii SHUTTERSTOCK/M_SOVINSKIIIlustrasi keadaan dalam kabin pesawat m_sovinskii

KOMPAS.com - Wabah virus corona hingga hari ini masih belum surut. Update hingga Minggu (16/2/2020), ada lebih dari 1.600 orang yang meninggal karena penyakit dengan nama resmi Covid-19 itu. 

Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China itu juga telah menyebar hingga ke 27 negara sejak pertama terdeteksi akhir tahun 2019 itu. 

Karena itu, bagi yang kerap bepergian jauh dengan moda transportasi pesawat ke luar negeri perlu waspada dan menjaga diri tetap aman dari paparan virus corona. 

Dikutip dari South China Morning Post, ada 5 tips yang patut dicoba bagi Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat untuk meminimalisir potensi terinfeksi virus corona. Berikut beberapa di antaranya: 

1. Memilih duduk di dekat jendela

Duduk di samping jendela memungkinkan kita untuk memiliki kontak dengan lebih sedikit orang yang ada di dalam sebuah baris tempat duduk di pesawat.

Ini tentu membawa keuntungan tersendiri, karena akan semakin sedikit memiliki potensi tertular virus corona yang disebutkan hanya bisa tertular melalui kontak langsung dengan penderita melalui cairan tubuhnya. 

Cairan ini bisa terlempar paling tidak sejauh 1 meter dari tubuh si penderita, sehingga jarak aman untuk bisa terhindar adalah sejauh minimal 1 meter.

Baca juga: Pintu Belakang Rusak, Pesawat Lion Air JT-385 Rute Kualanamu-Soetta Gagal Terbang

2. Menghindari duduk di samping gang

Duduk di samping gang di dalam pesawat dapat memperbesar kemungkinan untuk terkena sebaran virus yang mungkin dibawa oleh penumpang lain yang berjalan melalui gang tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X