356 Orang Terinfeksi Virus Corona di Diamond Princess, Kasus Terbanyak di Luar China

Kompas.com - 16/02/2020, 11:55 WIB
Kapal pesiar Diamond Princess di pelabuhan Yokohama, Jepang. shutterstock.com/Joel_420Kapal pesiar Diamond Princess di pelabuhan Yokohama, Jepang.

KOMPAS.com - Jumlah penumpang yang terinfeksi virus corona di kapal pesiar Diamond Princess yang berlabuh di Yokohama, Jepang terus bertambah.

Pada Sabtu, 16 Februari 2020, terdapat 70 kasus tambahan infeksi virus corona di kapal pesiar tersebut.

Hal itu diumumkan oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Sosial Jepang seperti dilansir dari CNN.

Tambahan tersebut membuat jumlah total kasus virus corona di kapal pesiar Diamond Princess menjadi 356, dan total di Jepang menjadi 407 kasus.

Di sisi lain, warga negara Amerika Serikat yang berada di atas kapal memiliki waktu hingga Sabtu (15/2/2020) pukul 8 malam waktu setempat untuk memberi tahu Kedutaan Besar AS jika ingin dievakuasi.

Pemerintah AS berencana untuk melakukan evakuasi terhadap warganya pada Minggu malam waktu setempat.

Sementara, siapa pun yang masih berada di atas kapal akan mulai dites untuk virus corona pada 18 Februari dan mendapatkan hasilnya setelah tiga hari.

Kemudian, secara bersamaan penumpang dan awak kapal bisa meninggalkan Diamond Cruise pada 21 Februari.

Baca juga: Kisah Penumpang Diamond Princess, Rayakan Valentine di Kapal Berisi Virus Corona

Kanada evakuasi warganya dari Diamond Princess

Sehari setelah Amerika Serikat mengumumkan akan mengevakuasi warganya dari kapal pesiar Diamond Princess di Jepang, pemerintah Kanada mengikuti langkah tersebut dengan menyewa sebuah pesawat untuk mengangkut warganya.

"Keputusan ini diambil karena keadaan luar biasa yang dihadapi oleh penumpang Diamond Princess dan untuk meringankan beban pada sistem perawatan kesehatan Jepang," demikian pernyataan dari Kementerian Luar Negeri.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X