Kompas.com - 16/02/2020, 13:09 WIB
Pengunduran waktu pendaftaran akun LTMPT tahap ke-2 untuk UTBK-SBMPTN 2020. ltmpt.ac.idPengunduran waktu pendaftaran akun LTMPT tahap ke-2 untuk UTBK-SBMPTN 2020.

KOMPAS.com - Pendaftaran akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahap 2 akan dimulai pada Senin (16/2/2020) besok.

Sebelumnya, pendaftaran ini dijadwalkan mulai pada 7 Februari 2020. Akan tetapi, diundur menjadi 17 Februari-5 April 2020.

Humas LTMPT Anwar Effendi menjelaskan, pengunduran waktu pada tahap tersebut karena pengisian data PDSS dan pemeringkatan siswa juga mundur.

"Pendaftaran akun LTMPT tahap 2 ini untuk mengikuti UTBK dan SBMPTN," ujar Anwar kepada Kompas.com, Minggu (16/2/2020).

UTBK merupakan singkatan dari Ujian Tertulis Berbasis Komputer, sebuah ujian masuk perguruan tinggi yang dilakukan secara elektronik menggunakan komputer dan diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Baca juga: 9 Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2020 melalui LTMPT

UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan tes atau ujian tulis sebelum masuk perguruan tinggi.

Adapun peserta yang bisa mengikuti pendaftaran tahap 2 adalah:

  1. Siswa yang belum mempunyai akun LTMPT.
  2. Siswa yang sudah mempunyai akun LTMPT tahap pertama (periode pendaftaran akun LTMPT tanggal 2 Desember 2019-10 Januari 2020). Tetapi belum melakukan simpan data permanen.

Cara registrasi akun LTMPT

Semua calon pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), UTBK, maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) wajib melakukan registrasi akun LTMPT.

Data yang perlu disiapkan adalah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.