67 Kasus Baru, AS dan Hong Kong akan Evakuasi Warganya dari Kapal Diamond Princess

Kompas.com - 16/02/2020, 12:30 WIB
Kapal pesiar Diamond Princess di pelabuhan Yokohama, Jepang. shutterstock.com/Joel_420Kapal pesiar Diamond Princess di pelabuhan Yokohama, Jepang.

KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato pada Sabtu (15/2/2020) kemarin mengumumkan adanya 67 kasus baru virus corona di kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Jepang.

Sehingga total keseluruhan penumpang kapal yang terinfeksi virus corona adalah 285 orang, dilansir dari Reuters (16/2/2020).

Masa karantina kapal dijadwalkan akan berakhir pada Kamis mendatang, tetapi masih sangat mungkin masa karantina itu diperpanjang.

Kendati demikian, Amerika Serikat dan Hong Kong telah merencanakan pemulangan warganya yang ada di kapal pesiar tersebut.

Dalam sebuah surat pernyataan, Kedutaan Besar AS di Tokyo mengatakan kepada para penumpang bahwa pesawat yang disewa akan tiba di Jepang pada Minggu malam.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyebut, sekitar 400 warga AS berada di atas kapal yang dikarantania itu.

Nantinya, para penumpang akan menjalani karantina lebih lanjut selama 14 hari setelah tiba di AS.

Jika penumpang memilih untuk tidak ikut dalam evakuasi itu, maka mereka tidak diperbolehkan pulang ke AS dalam jangka waktu tertentu.

"Kami memahami kefrutasian ini, tapi langkah-langkah ini konsisten dengan kebijakan yang telah kami lakukan untuk menghilangkan porensi penyebaran penyakit," kata surat itu.

Baca juga: Perkembangan Terkini Wabah Virus Corona di 5 Negara Eropa

Pemeriksaan menyeluruh

Menurut CDS, warganya akan menjalani pemeriksaan terlebih dahulu untuk mencegah orang yang memiliki gejala meninggalkan Jepang.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X