44 Kasus Baru, 218 Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Positif Virus Corona

Kompas.com - 13/02/2020, 14:37 WIB
Kapal pesiar Diamond Princess di pelabuhan Yokohama, Jepang. shutterstock.com/Joel_420Kapal pesiar Diamond Princess di pelabuhan Yokohama, Jepang.

KOMPAS.com - Sebanyak 44 kasus baru virus corona ditemukan di kapal pesiar Diamond Princess yang sedang dikarantina di Yokohama, Jepang.

Dengan tambahan 44 kasus baru ini, total penumpang kapal yang positif terinfeksi virus corona adalah 218 orang, termasuk petugas karantina.

Dilansir dari AFP, Kamis (13/2/2020), Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato mengatakan, 44 kasus baru itu terdeteksi dari tes baru yang dilakukan terhadap 221 orang.

Menurut dia, pihak berwenang berencana memindahkan penumpang berusia lanjut yang dinyatakan positif ke penginapan.

"Di kapal, ada orang-orang usia lanjut. Ada juga yang harus tinggal di kamar tanpa jendela sampai masa inkubasi selesai pada 19 Februari" kata Kato.

"Kami akan melakukan tes untuk mereka yang berisiko tinggi. Jika menunjukkan hasil negatif, mereka yang ingin turun dapat pergi dan tinggal di fasilitas penginapan yang akan disiapkan pemerintah," lanjut dia.

Baca juga: 136 Kasus Virus Corona, Begini Aktivitas Penumpang Kapal Pesiar Selama Satu Minggu Karantina

Kato mengatakan, operasi tersebut akan dilakukan setidaknya mulai besok, Jumat (14/2/2020).

Sebanyak 44 kasus baru yang ditemukan terdiri dari 43 penumpang kapal dan satu anggota awak.

Kapal pesiar Diamond Princess dikarantina sejak 3 Februari tak lama setelah sejumlah penumpangnya terinfeksi virus corona.

Mereka yang dinyatakan positif telah dibawa keluar dan menjalani perawatan medis.

Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X