Kompas.com - 13/02/2020, 12:08 WIB
Ilustrasi ibu hamil NataliaDeriabinaIlustrasi ibu hamil

KOMPAS.com - Penularan virus corona antar-manusia semakin meresahkan. Hingga Kamis (13/2/2020) pagi, tercatat 1.368 orang meninggal dunia karena virus corona.

Selain itu, lebih dari 60.000 kasus terkonfirmasi positif terjangkit virus corona, yang disebut COVID-19, dengan mayoritas ditemukan di daratan China.

Kekhawatiran terus membesar akan dampak penyebaran dan penularan virus ini.

Salah satunya, banyak yang bertanya, apakah ibu hamil yang terinfeksi bisa menularkan virus corona kepada janin yang dikandungnya?

Dilansir dari livescience, sebuah studi terbaru menunjukkan virus corona mungkin tidak menular selama kehamilan.

Namun, penelitian tersebut masih dalam lingkup kecil dan hanya melibatkan wanita hamil pada trisemester ketiga yang melahirkan melalui operasi caesar.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi temuan tersebut dan untuk melihat apakah berlaku bagi wanita hamil lainnya, seperti kehamilan trisemester pertama dan kedua.

Baca juga: Bos WHO: Kasus Virus Corona di Luar China Bisa Jadi Fenomena Gunung Es

"Kita harus terus memberikan perhatian khusus pada bayi baru lahir yang lahir dari ibu dengan COVID-19," kata seorang profesor di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan, Profesor Yuanzhen Zhang.

Diberitakan jurnal The Lancet, Rabu (12/2/2020), informasi mengenai seorang bayi di China yang dinyatakan positif terjangkit corona setelah 36 jam dilahirkan, belum diketahui secara jelas apakah ada penularan di dalam rahim.

Zhang mengatakan, bisa saja bayi tersebut tertular setelah lahir karena ada kontak dekat dengan orang terinfeksi.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X