Flu Burung Merebak di Hunan, Tak Jauh dari Epicentrum Virus Corona di Wuhan

Kompas.com - 02/02/2020, 16:16 WIB
Dalam foto ini terlihat seorang petugas dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Hewan di Changsa, Provinsi Hunan, China, tengah memeriksa seekor ayam dalam rangka mencegah penyebaran flu burung. STR / AFPDalam foto ini terlihat seorang petugas dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Hewan di Changsa, Provinsi Hunan, China, tengah memeriksa seekor ayam dalam rangka mencegah penyebaran flu burung.

KOMPAS.com - Belum selesai wabah virus corona, China dipusingkan dengan munculnya flu burung.

Wabah flu burung muncul di provinsi Hunan, yang terletak di perbatasan selatan provinsi Hubei, pusat penyebaran virus corona.

Jarak antara provinsi Hunan dan kota Wuhan di Hubei sekitar 500 kilometer.

Jika ditempuh dengan kendaraan roda empat memakan waktu sekitar 5 jam perjalanan.

Flu burung diketahui jauh lebih mematikan daripada Sars atau virus corona. Namun hingga saat ini belum dilaporkan kasus flu burung pada manusia.

Dilansir dari South China Morning Post, Minggu (2/2/2020), China melaporkan temuan wabah flu burung H5N1 di provinsi Hunan.

Baca juga: Belum Selesai Virus Corona, Flu Burung Kembali Merebak di China...

4.500 ayam mati

Provinsi Hunan terletak di perbatasan selatan provinsi Hubei, pusat virus corona yang sebulan terakhir menyebar dengan cepat.

"Wabah terjadi di sebuah peternakan di distrik Shuangqing di kota Shaoyang. Peternakan memiliki 7.850 ayam, dan 4.500 ayam telah mati karena penularan," menurut pernyataan Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan Cina pada hari Sabtu.

Sebagai antisipasi, pemerintah setempat telah memusnahkan 17.828 unggas setelah munculnya laporan wabah tersebut.

Wabah H5N1 Hunan terjadi ketika pihak berwenang Cina terus berjuang untuk menahan penyebaran virus corona.

Baca juga: Virus Corona, Filipina Laporkan Korban Meninggal Pertama di Luar China

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X