Kompas.com - 23/01/2020, 10:25 WIB
Ilustrasi virus flu dreamerb/ShutterstockIlustrasi virus flu

KOMPAS.com - Kasus pneumonia yang ditemukan di Wuhan, Hubei, China menyita perhatian dunia. Kasus ini diduga disebabkan oleh Virus Corona sebagai patogennya.

Dilansir dari situs resmi WHO, virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS dan SARS.

Secara global, virus corona baru muncul secara berkala di berbagai daerah, termasuk SARS pada 2002 dan MERS pada 2012.

Sementara itu, berdasarkan informasi resmi di cdc.gov, virus corona biasa ditemukan pada banyak spesies hewan, termasuk unta dan kelelawar.

Namun, terkadang virus corona yang menginfeksi hewan dapat berevolusi dan membuat orang sakit, menjadi virus corona manusia yang baru, seperti 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV), SARS-CoV, dan MERS-CoV.

Flu

Virus corona yang dapat menginfeksi manusia seperti tipe 229E, NLL63, OC43, dan HKU1, biasanya menimbulkan penyakit saluran pernapasan bagian atas, dari ringan hingga sedang seperti flu biasa.

Penyakit biasanya hanya berlangsung singkat, disertai gejala hidung meler, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, dan damam.

Virus corona pada manusia, terkadang dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan bawah, seperti pneumonia atau bronkitis.

Ini lebih sering terjadi pada orang dengan penyakit kardiopulmoner dan orang dengan sistem kekebalan lemah (bayi atau orang tua).

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Virus Corona

MERS dan SARS

Lebih lanjut, dua virus corona lainnya yakni MERS-CoV dan SARS-CoV.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X