Banjir Jakarta, Apa Itu Hipotermia dan Bagaimana Gejalanya?

Kompas.com - 03/01/2020, 16:42 WIB
Mengenal Hipotermia KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoMengenal Hipotermia

KOMPAS.com - Tiga orang korban banjir di Jakarta meninggal dunia karena hipotermia.

Tiga korban tersebut adalah warga Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Hipotermia biasanya berpotensi terjadi pada pendaki gunung. Namun, ternyata juga bisa terjadi saat banjir melanda sejumlah wilayah seperti saat ini.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Kamis (2/1/2020), Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB mengatakan, hipotermia sangat mungkin menyerang korban banjir.

"Ya karena hujan dan terkurung banjir sehingga suhu udara dingin. Belum lagi mereka bisa saja masih terkena hujan yang membuat bajunya basah yang memperburuk suhu tubuh turun," ujar Ari.

Baca juga: 3 Korban Banjir Jakarta Meninggal karena Hipotermia, Ini Tips Pencegahannya

Apa itu hipotermia? Bagaimana gejala dan cara mencegahnya?

Hipotermia merupakan kondisi mekanisme tubuh mengalami kesulitan untuk mengatur suhu tubuh pada tekanan suhu dingin.

Biasanya, tubuh manusia mampu mengatur suhu antara 36,5-37,5 derajat celcius pada zona termonetral.

Hipotermia terjadi karena kelelahan fisik, berendam di air dingin dalam jangka waktu cukup lama, terpapar udara dingin dan berangin, serta saat melakukan operasi.

Gejala hipotermia

Gejala hipotermia antara lain menggigil, pusing, halusinasi layaknya orang kesurupan, bicara menyeret, napas cepat, kulit dingin atau pucat.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X