Hari Ini dalam Sejarah: 22 Desember 1956, Gorila Pertama Kali Lahir di Kandang

Kompas.com - 22/12/2019, 09:48 WIB
Bayi gorila. ShutterstockBayi gorila.

KOMPAS.com - Hari ini 63 tahun yang lalu, tepatnya 22 Desember 1956, seekor anak gorila bernama Colo lahir di Kebun Binatang Columbus, Ohio.

Dengan kelahiran ini, Colo menjadi gorila pertama yang lahir dalam kandang, bukan di hutan habitatnya.

Dikutip dari History, Colo yang lahir dengan berat 4 pon itu merupakan gorila dataran rendah barat yang namanya berasal dari gabungan dari Colombus dan Ohio.

Induknya, Millie dan Mac, adalah dua gorila yang ditangkap di Kamerun, Adrika dan kemudian dibawa ke Kebun Binatang Colombus pada tahun 1951.

Saat itu, semua gorila di Kebun Binatang berasal dari alam liar yang seringkali proses penangkapannya dilakukan secara brutal.

Untuk menangkap seekor gorila muda, pemburu tak jarang harus membunuh induk gorila atau anggota keluarga lainnya.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penerbangan Pan Am 103 Meledak akibat Bom dalam Pemutar Kaset

Gorila tergolong hewan yang ramah dan cerdas. Mereka hidup dalam kelompok kecil dan dipimpin oleh seorang laki-laki dewasa yang dikenal sebagai silverback.

Ada tiga spesies gorila, yaitu gorila dataran rendah barat, dataran rendah timur, dan gunung.

Sementara, mayoritas gorila yang ada dalam penangkaran adalah gorila dataran rendah barat.

Hewan vegetarian ini hanya memiliki satu musuh, yaitu manusia. Rata-rata, seekor gorila hidup sampai 35 tahun di alam liar dan 50 tahun di penangkaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X