Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Tembok Berlin Dibuka untuk Pertama Kalinya

Kompas.com - 20/12/2019, 06:44 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini 56 tahun lalu, tepatnya 20 Desember 1963, Tembok Berlin yang dibangun oleh Jerman Timur agar warganya tak bisa menyeberang ke Jerman Barat, dibuka untuk pertama kalinya.

History menuliskan, di bawah kesepakatan yang dicapai antara Berlin Timur dan Barat, lebih dari 170.000 izin akhirnya dikeluarkan untuk warga Berlin Barat.

Izin tersebut memungkinkan warga Berlin Barat untuk mengunjungi saudara dan kerabatnya di Berlin Timur selama satu hari.

Pembangunan Tembok Berlin pada Agustus 1961 memisahkan keluarga dan teman dari kedua wilayah.

Air mata, tawa, dan luapan emosi menandai reuni yang berlangsung ketika ibu dan ayah, putra dan putri bertemu lagi setelah berpisah selama dua tahun.

Meski demikian, tensi perang dingin antara Jerman Barat dan Jerman Timur masih terasa jelas dalam momen haru itu.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Presiden ke-42 AS Bill Clinton Dimakzulkan

Pengeras suara di Berlin Timur menyambut pengunjung dengan berita bahwa mereka sedang berada di Ibu kota Republik Demokratik Jerman, sebuah pembagian politik yang ditolak oleh sebagian besar orang Jerman Barat.

Setiap pengunjung juga diberikan brosur yang menjelaskan bahwa tembok itu dibangun untuk melindungi perbatasan dari serangan musuh imperialis.

Budaya Barat yang dianggap dekaden, termasuk film dan cerita gengster, membanjiri Jerman Timur sebelum Tembok itu dibangun.

Di pihak Jerman Barat, banyak surat kabar yang menyindir para pengunjung dan menuduh mereka sebagai pion dari propaganda Jerman Timur.

Retorika-retorika yang mewarnai kunjungan dari kedua wilayah itu merupakan pengingat bahwa Perang Dingin menguras emosi semua pihak.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com