5 Tokoh Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia, Siapa Saja Mereka?

Kompas.com - 14/12/2019, 20:09 WIB
Daftar tokoh perempuan paling berpengaruh di 2019 ForbesDaftar tokoh perempuan paling berpengaruh di 2019

KOMPAS.com - Majalah ekonomi terkemuka  Forbes kembali mengumumkan daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia di akhir tahun 2019.

Di antara 100 perempuan hebat itu, salah satu di antaranya adalah Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani yang menempati posisi ke-76.

Nama lain yang juga masuk daftar bergengsi ini adalah Greta Thunberg, seorang gadis belia yang gigih memperjuangkan kelestarian lingkungan hidup hingga pernah tampil dalam forum PBB. 

Di luar nama-nama itu, berikut ini perempuan-perempuan paling berpengaruh versi Forbes yang ada di jajaran 5 teratas. 

1. Angela Merkel - Jerman

Kanselir Jerman Angela Merkel.AFP / ODD ANDERSEN Kanselir Jerman Angela Merkel.

Di urutan pertama adalah seorang kanselir Jerman, yang menjabat sejak tahun 2005, Angela Merkel. 

Sejak awal masa jabatannya, saat ini Merkel ada di jabatan yang sama untuk ke empat kalinya.  Namun demikian, ia sudah berjanji untuk tidak kembali menjabat sebagai kanselir di tahun 2021 mendatang. 

Merkel merupakan pemimpin berpengaruh di Eropa dan ia memimpin suatu sistem ekonomi terbesar di kawasan ini. Sebelumnya ia berhasil mengendalikan krisis keuangan yang dialami oleh Jerman hingga membuatnya kembali bertumbuh. 

Di bawah kepemimpinannya, cadangan baja meningkat dan mengizinkan para pengungsi yang berasal dari Suriah untuk memasuki kawasan Jerman. 

Banyaknya prestasi yang ditorehkan semasa ia menjabat, publik justru bertanya-tanya, apa yang akan terjadi nantinya ketika Merkel tidak lagi menjabat di tahun 2021 mendatang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X