Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Perayaan Unik di Hari Pahlawan

Kompas.com - 10/11/2019, 12:38 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Selain pelaksanaan Upacara Bendera, perayaan untuk memperingati Hari Pahlawan tersebut juga dilakukan oleh masyarakat dengan beragam cara.

Dari anak sekolah, pejabat hingga unsur masyarakat, semua tak luput untuk turut serta meramaikan peringatan tersebut.

Berikut peringatan unik Hari Pahlawan yang pernah digelar:

1. Aksi Teatrikal Musikal

Siswa dan siswi SD Muhammadiyah Manyar berfoto di stage perjuangan para pahlawan selesai acara.KOMPAS.com / Hamzah Siswa dan siswi SD Muhammadiyah Manyar berfoto di stage perjuangan para pahlawan selesai acara.

Para siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Manyar, Gresik memiliki cara tersendiri untuk mengenang jasa para pahlawan pada tahun 2017 lalu.

Berbekal teater sederhana, para siswa diberikan wawasan mengenai makna perjuangan masa lalu dan apa yang harus dilakukan oleh para siswa saat ini.

"Kalau zaman dulu perjuangannya jelas, melawan penjajah guna merebut kemerdekaan," ujar Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Manyar Ahmad Faizun, dikutip dari pemberitaan Kompas.com (10/11/2019).

"Sekarang pun siswa juga harus berjuang meski dengan konteks yang berbeda, berjuang akan kecanduan gadget dan sebangsanya," lanjutnya.

Pihak sekolah menilai, perjuangann para pahlawan dengan tantangan yang dihadapi oleh zaman sekarang pun sama.

Karena itu, sikap kepahlawanan yang sudah dicontohkan oleh para pejuang harus dijadikan semangat bagi para siswa untuk mencegah dampak negatif gadget.

Baca juga: Sejak 1958, 10 November Ditetapkan sebagai Hari Pahlawan

2. Kirab dan Pawai Obar

Ratusan warga Polman, Sulawesi Barat, menyambut hari pahlawan dengan menggelar Pawai Obor sambil berjalan kaki dari kantor lurah Polewali hingga ke taman makam pahlawan bambu runcing Polewali mandar, Kamis (9/11) malam.KOMPAS.com Ratusan warga Polman, Sulawesi Barat, menyambut hari pahlawan dengan menggelar Pawai Obor sambil berjalan kaki dari kantor lurah Polewali hingga ke taman makam pahlawan bambu runcing Polewali mandar, Kamis (9/11) malam.

Warga Polewali Mandar, Sumatera Barat juga memiliki cara unik untuk memperingati Hari Pahlawan.

Mereka menggelar kirab atau pawai obor sambil berjalan kaki ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bambu Runcing pada 2017 silam.

Peringatan ini juga dimeriahkan dengan pembacaan puisi dan aksi teatrikal yang dilakukan oleh para mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com