Deretan Perayaan Unik di Hari Pahlawan

Kompas.com - 10/11/2019, 12:38 WIB
Santri berpawai obor dari Pendopo Kabupaten Pamekasan menuju Monumin Arek Lancur, Pamekasan,  Jawa Timur, Kamis (9/11/2017). Pawai obor yang diikuti ratusan santri tersebut dalam rangka menyambut Hari Pahlawan. ANTARA FOTO/SAIFUL BAHRISantri berpawai obor dari Pendopo Kabupaten Pamekasan menuju Monumin Arek Lancur, Pamekasan, Jawa Timur, Kamis (9/11/2017). Pawai obor yang diikuti ratusan santri tersebut dalam rangka menyambut Hari Pahlawan.

 

KOMPAS.com - Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Selain pelaksanaan Upacara Bendera, perayaan untuk memperingati Hari Pahlawan tersebut juga dilakukan oleh masyarakat dengan beragam cara.

Dari anak sekolah, pejabat hingga unsur masyarakat, semua tak luput untuk turut serta meramaikan peringatan tersebut.

Berikut peringatan unik Hari Pahlawan yang pernah digelar:

1. Aksi Teatrikal Musikal

Siswa dan siswi SD Muhammadiyah Manyar berfoto di stage perjuangan para pahlawan selesai acara.KOMPAS.com / Hamzah Siswa dan siswi SD Muhammadiyah Manyar berfoto di stage perjuangan para pahlawan selesai acara.

Para siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Manyar, Gresik memiliki cara tersendiri untuk mengenang jasa para pahlawan pada tahun 2017 lalu.

Berbekal teater sederhana, para siswa diberikan wawasan mengenai makna perjuangan masa lalu dan apa yang harus dilakukan oleh para siswa saat ini.

"Kalau zaman dulu perjuangannya jelas, melawan penjajah guna merebut kemerdekaan," ujar Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Manyar Ahmad Faizun, dikutip dari pemberitaan Kompas.com (10/11/2019).

"Sekarang pun siswa juga harus berjuang meski dengan konteks yang berbeda, berjuang akan kecanduan gadget dan sebangsanya," lanjutnya.

Pihak sekolah menilai, perjuangann para pahlawan dengan tantangan yang dihadapi oleh zaman sekarang pun sama.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X