Resmi Dilantik, Berikut Lima Srikandi Jokowi di Kabinet Indonesia Maju

Kompas.com - 23/10/2019, 18:05 WIB
Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju berpose saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju dan kepala badan setingkat menteri. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOMenteri-menteri Kabinet Indonesia Maju berpose saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju dan kepala badan setingkat menteri.

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan dan melantik sejumlah menteri yang terpilih dalam kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, Rabu (23/10/2019).

Adapun pengenalan nama-nama menteri tersebut disampaikan pukul 08.30 WIB dan pelantikan dilakukan pada pukul 10.30 WIB.

Sebelumnya, Jokowi telah mengundang para calon menterinya ke Istana sejak Senin (21/10/2019) hingga Selasa (22/10/2019).

Berikut nama-nama menteri perempuan yang ditunjuk Jokowi untuk membantunya dalam pemerintahan di periode 2019-2024:

Sri Mulyani

Nama Sri Mulyani Indrawati kembali masuk dalam daftar menteri di kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Masuknya Sri Mulyani dalam kabinet sudah banyak diprediksi publik. Sebab, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini dinilai merupakan salah satu menteri yang punya kinerja baik.

Selain periode pertama Jokowi, Sri Mulyani juga pernah menjadi Menkeu di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) periode 2005-2010.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sri Mulyani lahir di Bandar Lampung, 26 Agustus 1962. Dia adalah anak ketujuh dari seorang dosen Prof Satmoko dan Retno Sriningsih.

Seteleh menamatkan pendidikan menengah di SMA Negeri 3 Semarang pada 1981, Sri Mulyani kuliah di Universitas Indonesia, University of lllinois Urbana Champaign AS, hingga mendapat gelar PhD of Economics di University of lllinois Urbana-Champaign pada 1992.

Ekonom Bank Permata, Joshua Padede menyampaikan bahwa pengalaman dan kinerja Sri Mulyani selama Kabinet Kerja Jilid 1 dinilai cukup baik.

Selama periode awal Jokowi, defisit anggaran Indonesia di bawah kendali Sri Mulyani diketahui terkendali di bawah 2 persen dan dari sisi reformasi anggaran, anggaran subsidi dikurangi dan dialokasikan untuk anggaran yang lebih produktif.

Baca juga: Profil Sri Mulyani, Menteri Keuangan

Siti Nurbaya

Selain Sri Mulyani ada nama Siti Nurbaya Bakar yang terpilih sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.