Profil Sri Mulyani, Menteri Keuangan

Kompas.com - 23/10/2019, 09:32 WIB
Profil Menteri, Sri Mulyani Menteri Keuangan KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoProfil Menteri, Sri Mulyani Menteri Keuangan

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengumumkan Kabinet Indonesia Maju pada Rabu pagi WIB (23/10/2019).

Nama Sri Mulyani kembali masuk ke dalam jajaran 38 menteri dengan menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam sesi perkenalan.

Baca juga: Jokowi Kembali Tunjuk Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan

Menurut ekonom dari Center of Reform on Economics Piyer Abdullah mengatakan, Sri dinilai punya kinerja baik dan aura kuat untuk memimpin kementerian.

Sri Mulyani lahir di Bandar Lampung pada 26 Agustus 1962, dan merupakan anak ketujuh dari pasangan Prof Satmoko dan Retno Sriningsih.

Dia menempuh pendidikan di Universitas Indonesia setelah menamatkan pendidikan menengah di SMA Negeri 3 Semarang pada 1981 silam.

Setelah itu, Menkeu yang akrab disapa SMI itu melanjutkan kuliah di University of lllinois Urbana Champaign AS, hingga mendapat gelar Ph.D. of Economics di University of lllinois Urbana-Champaign, AS pada 1992

Setelah itu jejang kariernya di bidang pemerintahan dimulai ketika dia ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di 2004.

Hanya setahun di Bappenas, Sri Mulyani dilantik sebagai Menteri Keuangan pada 2005-2010, dan sempat sebagai Plt Menteri Koordinator Perekonomian pada 2008-2009.

Kariernya merambah ke luar negeri dengan dipercaya sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia selama enam tahun dari 2010 hingga 2016.

Setelah itu, dia kembali pulang ke Indonesia ketika Presiden Jokowi memberikan tawaran kepadanya sebagai Menteri Keuangan hingga terpilih kembali saat ini.

Ekonom Bank Permata Joshua Pardede dalam breaking news Kompas TV menjelaskan, pelaku pasar memang menginginkan Sri Mulyani sebagai Menkeu.

Sebab dalam pandangannya, Sri dianggap cukup berhasil menjaga defisit anggaran di bawah dua persen dari PDB Indonesia.

Baca juga: Sri Mulyani Jadi Menkeu Lagi, Ekonomi Indonesia Bisa Stagnan?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X