Penumpang Alami Serangan Jantung, Garuda Alihkan Pendaratan

Kompas.com - 16/09/2019, 21:36 WIB
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia SHUTTERSTOCK/EXPOSEIlustrasi pesawat Garuda Indonesia


KOMPAS.com - Garuda Indonesia GA 728 rute Denpasar-Perth mengalihkan pendaratannya ke Bandara Karratha, Australia, karena seorang penumpang alami serangan jantung saat penerbangan.

Informasi ini diterima Kompas.com dari VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia M. Ikhsan Rosan, Senin (16/9/2019) malam.

Hal ini terjadi pada Minggu (15/9/2019) beberapa saat setelah pesawat berangkat dari Denpasar pada pukul 19.30 waktu setempat, seorang kru pesawat menemukan salah satu penumpang dalam keadaan sesak napas.

Atas temuan itu, kru kabin langsung memberikan pertolongan pertama terhadap penumpang berusia 63 tahun yang duduk di kursi nomor 32H.

Baca juga: Serangan Jantung, dari Penyebab, Gejala hingga Penanganan

“Melihat kondisi penumpang yang membutuhkan penanganan lebih lanjut, Pilot in Command (PIC) Captain Shazam Nizam Rassat, sesuai SOP kemudian memutuskan untuk melakukan pengalihan pendaratan di Bandara Karratha untuk memastikan penumpang mendapatkan penanganan lebih lanjut,” kaya Ikhsan.

Setibanya di bandara, tim di bandara setempat langsung membawa penumpang ini ke rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan intensif, setelah terjalin koordinasi dengan awak pesawat sebelumnya.

Karena penanganan ini, kondisi penumpang saat ini dikabarkan telah membaik meski masih dalam masa pengawasan di rumah sakit.

Selanjutnya, ia melanjutkan penerbangan ke Perth hari ini, Senin (16/9/2019) pada pukul 15.00 waktu setempat dengan pendampingan dokter selama di udara.

“Garuda Indonesia berkomitmen untuk selalu mengedepankan aspek keselamatan para penumpang, adapun yang dilakukan oleh awak pesawat dalam proses penanganan penumpang yang sakit telah sesuai dengan tata laksana pertolongan pertama penumpang pesawat termasuk mekanisme persiapan medical assistance ketika pesawat mendarat,” ujar Ikhsan.

Adapun pesawat yang sempat mengalihkan pendaratannya itu, melanjutkan perjalanan menuju Perth di hari yang sama pada pukul 01.06 waktu setempat dan tiba pada pukul 01.25 waktu Perth.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X