Jangan Malas, Ikuti Langkah Ini agar Lebih Produktif di Hari Senin

Kompas.com - 16/09/2019, 06:00 WIB
Ilustrasi pekerja dengan mobilitas tinggi SHUTTERSTOCKIlustrasi pekerja dengan mobilitas tinggi

KOMPAS.com - Banyak orang merasa malas ketika akhir pekan berakhir, dan Hari Senin menjelang. Ini karena, setelah menghabiskan waktu untuk beristirahat dari aktivitas rutin, biasanya mereka dihadapkan dengan pekerjaan baru.

Rasa enggan beraktivitas pada Hari Senin ini bukan hanya sebatas kemalasan semata. Bahkan ada beberapa orang yang takut atau phobia dengan Senin. Ketakutan ini pun disebut dengan istilah Lunaediesophobia.

Terlepas dari banyaknya orang yang malas saat Senin tiba, ternyata hari ini tidak seburuk itu. Faktanya, survei baru dari perusahaan kepegawaian Accountemps menemukan, hampir 30 persen pekerja mengatakan, Hari Senin merupakan waktu paling produktif selama seminggu.

Namun jika tidak setuju dengan survei tersebut, Anda bisa menerapkan cara-cara ini agar Senin tetap produktif, seperti dilansir dari Fast Company, Minggu (15/9/2019).

Baca juga: Ingin Pikiran Tenang dan Fokus di Hari Senin? Yuk Ikuti Cara Ini

Anggap Senin seperti hari pertama sekolah

Jika Anda memasuki awal minggu kerja dengan sebuah rencana, maka Anda kemungkinan bisa menyelesaikan sesuatu dengan lebih produktif.

Pelatih produktivitas Frank Buck yang juga penulis buku Organized! Time Management for School Leaders ini menyarankan para pekerja untuk meluangkan waktu di akhir hari Jumat untuk mengatur ruang kerja.

Selain itu, Anda juga bisa membuat daftar tugas yang diprioritaskan untuk Senin pagi. Bagi sebagian orang, melakukan ini pada hari Minggu malam juga lebih efektif.

Menurut Buck, mengawali Senin pagi haruslah sama seperti mempersiapkan diri untuk hari pertama sekolah. Alasan hari pertama sekolah biasanya berjalan dengan baik adalah karena Anda sudah mempersiapkannya terlebih dahulu.

Buat resolusi

Perlakukan hari Senin layaknya tanggal 1 Januari. Setiap awal tahun, banyak orang yang membuat resolusi tahunan yang harus menjadi prioritas hingga akhir tahun.

Anda bisa menerapkan hal ini setiap Senin. Pikirkan tentang tujuan yang ingin Anda capai di siang hari dan gunakan momentum tersebut untuk membantu mewujudkannya.

"Kita manusia sangat berorientasi pada perubahan dalam kalender," ucap pakar produktivitas Melissa Gratias.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X