Kerap Terjadi Kecelakaan di Jalan Tol, Apa yang Perlu Dicek Sebelum Berkendara?

Kompas.com - 15/09/2019, 16:39 WIB
Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Tol Tangerang - Merak, Sabtu (14/9/2019). Tiga kendaraan terlibat hingga menyebabkan sembilan orang terluka. Dok. Polda BantenKecelakaan beruntun terjadi di Jalan Tol Tangerang - Merak, Sabtu (14/9/2019). Tiga kendaraan terlibat hingga menyebabkan sembilan orang terluka.

KOMPAS.com - Kecelakaan tunggal mobil Suzuki APV bernomor polisi F 1196 DH terjadi di ruas Tol Jagorawi KM 36+600, Sentul, Kabupaten Bogor, Minggu (15/9/2019).

Kecelakaan di Tol Jagorawi ini kembali mengingatkan peristiwa-peristiwa kecelakaan di jalan tol yang pernah terjadi sebelumnya.

Apa yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum berkendara, khususnya ketika melintasi jalan tol?

Pengamat transportasi dari Universitas Indonesia, Ellen Tangkudung, mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengemudi sebelum mengendarai mobil di jalan tol.

Baca juga: Ini Penyebab Kecelakaan di Tol Jagorawi yang Tewaskan 3 Orang

"Dari sisi kendaraannya, komponen utama dari kendaraan harus berfungsi dengan baik," kata Ellen, kepada Kompas.com, melalui pesan singkat, Minggu (15/9/2019) siang.

Dosen Fakultas Teknik UI ini, menyebutkan, ada beberapa komponen utama dari kendaraan harus berfungsi dengan baik.

Komponen utama tersebut adalah rem, lampu, speedo meter, dan ban.

Ia juga mengingatkan, semua penumpang harus menggunakan sabuk pengaman atau seat belt.

Kondisi pengemudi

Ellen mengatakan, selain dari sisi kendaraan, kondisi dari pengemudi yang juga harus diperhatikan.

"Yang pertama, pengemudi harus dalam keadaan yang sehat. Selanjutnya, dalam mengemudi, pengemudi juga tidak dalam kondisi mengantuk," kata dia.

Ia menyebutkan, jalan tol sudah dirancang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, kecelakaan di jalan tol, menurut dia, terjadi karena kurangnya kewaspadaan dari pengemudi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X