Kominfo Pastikan Layanan Data Internet di Seluruh Papua Barat Sudah Dibuka

Kompas.com - 11/09/2019, 16:21 WIB
Ilustrasi Internet istIlustrasi Internet


KOMPAS.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) menginformasikan seluruh layanan data internet di seluruh wilayah Provinsi Papua Barat telah dibuka pada Rabu (11/9/2019).

Alasan pembukaan akses data internet tersebut lantaran situasi dan kondisi keamanan di seluruh wilayah Provinsi Papua Barat sudah kondusif.

“Pemerintah membuka kembali seluruh layanan data yang diselenggarakan oleh operator seluler di 13 kabupaten/kota di provinsi tersebut, pada Rabu (11/9) pukul 16.00 WIT,” ucap Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (11/9/2019).

Dua wilayah terakhir yang dibuka layanan datanya pada hari ini, imbuh Nando, sapaan Ferdinandus adalah Kota Manokwari dan Kota Sorong, setelah dipastikan kondisinya pulih atau kondusif.

Layanan data ini akhirnya kembali dibuka normal setelah sempat dicabut sementara oleh Pemerintah akibat kerusuhan dan kekacauan yang terjadi.

Normalisasi layanan internet ini pun dilakukan tidak secara langsung, melainkan bertahap, disesuaikan dengan kondisi keamanan di masing-masing daerah.

Sebelumnya, pembatasan internet di Tanah Papua sudah mulai diberlakukan sejak 21 Agustus 2019 ketika demo dan kerusuhan yang dipicu permasalahan berbau ras mulai terjadi.

“Sebanyak 11 kabupaten yakni Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Kabupaten Sorong telah dibuka secara bertahap sejak tanggal 4 September 2019,” jelas Nando.

Baca juga: Layanan Internet di Jayapura Masih Terganggu

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X